Ekonomi

24 Desa Patungan Dirikan Toko Modern

KEBUMEN – Pemerintah desa di 24 desa di Kecamatan Kebumen boleh berbangga. Saat ini mereka mampu mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama dan memiliki unit usaha toko modern dengan modal senilai Rp 2,4 Miliar.

BUMDesma Mart terletak di Dukuh Kedungbener, Desa Jatisari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Langkah BUMDesma Kecamatan Kebumen itu mendapat apresiasi positif dari Bupati Kebumen yang berharap BUMDes harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

BUMDesma Kecamatan Kebumen diharapkan menjadi pemicu pembangunan ekonomi yang dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. BUMDes Bersama ini mampu meningkatkan perekonomian desa, hingga meningkatkan pendapatan asli desa.

Modal untuk mendirikan BUMDesa Bersama berasal dari 24 desa yang ada di Kecamatan Kebumen. Masing-masing desa menyertakan modalnya Rp 100 juta yang bersumber dari APBDesa sehingga total modal Rp 2,4 miliar.

BUMDesma Mart menempati lokasi yang strategis, yaitu Jalan Raya Kutoarjo, tepatnya di Kedungbener. Bisnis minimarket ini sangat potensial dikembangkan karena menjual berbagai kebutuhan warga sehari-hari. Ke depan, BUMDesma Mart menyiapkan disi sebagai tempat kulakan bagi warung-warung tradisional di wilayah Kebumen.

Selain produk buatan pabrik, BUMDesma Mart menyediakan produk-produk UMKM lokal atau yang diproduksi oleh warga di Kecamatan Kebumen sehingga usaha mereka semakin tumbuh dan berkembang. Selain minimarket, BUMDesma Kecamatan Kebumen berencana membuka jenis usaha bersama lain, seperti Pertamini dan pabrik sepatu.

Penulis : Tim Inovasi Desa
Kemendes PDTT

Baca Juga :  KKNT IAIC Ajak Warga Desa Bercocok Tanam Isi Kegiatan Hindari Corona

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: