©mediadesa.id
(0265) 7521140 mediadesa.id@gmail.com
Rabu, Juni 26, 2019
InspiratifRagam

Air Ajaib Agar Ketupat Jadi Enak

MediaDesa.idTASIKMALAYA. Menjelang hari raya Idul fitri seperti ini, berbondong-bondong warga untuk mendapatkan air tanjung. Dari keterangan yang di dapat penulis dari salah satu anak pemilik sumber air tersebut bernama Ari, menyampaikan air ini sudah ditemukan sejak zaman kakek saya, sebelum kemerdekaan.

Setelah penulis bertemu dengan Ari di pusat sumber air yang berada di samping puskesmas cukang tanjung kawalu ini mengatakan, “memang selain di cukang juga ada, tapi sering dicampur air biasa” pungkas Ari. Memang sangat mudah untuk mengetahui ciri-ciri keasliaan air ini, yang pertama air rasanya agak asin, dan yang kedua air agak sedikit kuning (tai peureu=bahasa sunda).

Ari menambahkan bahwa air ini sudah pernah dijadikan objek penelitian dalam dan luar negeri seperti spanyol dan jerman. Air ini menarik untuk diteliti karena terbukti dapat menjadi obat gatal-gagal dan mampu membuat masakan menjadi tahan lama.

Dari pantauan penulis sejak kemarin, jalan air tanjung sudah dipadati oleh calon pembeli air tanjung, yang akan dipergunakan untuk memsak ketupat sebagai sajian spesial di hari idul fitri.

Disepanjang jalan air tanjung banyak kita dapati masyarakat yang menjajakan air tanjung. Harganya cukup terjangkau, hanya 10 rupiah untuk 1 plastik ukuran 2 leter. (Andi Ibnu Hadi)

  • 61
    Shares
Baca Juga  Duh..! Siang Bolong Sepasang Remaja "Mesum" di Islamic Centre Ciamis

Tinggalkan Balasan