Desa

Aliran Dana ke 56 Desa Fiktif Diamputasi

JAKARTA – Kabar adanya desa fiktif mulai muncul ke permukaan setelah adanya temuan aliran desa ke daerah namun ketika dilakukan pengecekan ke lapangan desa tersebut tidak ada, bahkan tak berpenghuni.

Tempo hari lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan sudah menghentikan aliran dana desa ke 56 desa yang berstatus fiktif di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

loading...

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama dengan Polda setempat.

“Jadi penyaluran dana desa tahap III 2019 untuk keseluruhan 56 desa dihentikan sampai kami mendapat kejelasan status dari desa tersebut,” ujar Sri Mulyani ketika memberi penjelasan kepada Komite IV DPD RI di Jakarta, dikutip dari Kompas.

Ia menegaskan ketidakberesan aliran dana ke desa fiktif tersebut terendus berdasarkan data-data yang didapatkan Kementerian Keuangan dari beberapa instansi pemerintahan yang bertanggung jawab atas pembangunan desa.

Seperti data Kemendagri mengenai jumlah desa, data Kementerian Sosial mengenai jumlah penduduk miskin, kemudian juga beberapa indeks dari Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes DTT) serta Badan Pusat Statistik.

“Kami menggunakan data dari instansi yang memiliki tupoksi dalam menghitung atau menghasilkan data-data tersebut,” katanya.

Dia menjelaskan, permasalahan bermula dari penetapan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2011 sebagai Perubahan Peraturan Daerah Konawe Nomor 2 Tahun 2011.

Penetapan itu berujung pada penambahan 56 desa baru di kabupaten tersebut.

Penulis : Mesa
Sumber : Kompas

Baca Juga :  10 Tahapan Pengelolaan Sampah di Kawasan Pedesaan
Loading...

Tinggalkan Balasan

Close
Close