Nasional

Aneh, 14 Besar Seleksi KPU Jabar Berubah

BANDUNG,- Aneh, 14 nama yang sudah dinyatakan lolos menuju tes akhir Uji Kelayakan dan Kepatatutan KPU Jabar berubah.

Setidaknya ada enam nama yang diubah yakni Deden Nurul Hidayat asal Tasikmalaya, Kikim Tarkim asal Ciamis, Syamsul Bahri Siregar asal Indramayu, Agus Rustandi asal Garut, Supriatna asal Majalengka dan Yudaningsih asal Bandung diganti oleh nama lain.

Sebagai penggantinya muncul nama Agus Hasbi Nur, Dian Mardiana, Hersa Santosa, Reza Alwan Sovnidar, Nina Yuningsih dan Undang Suryatna.

loading...

Pergantian pun diketahui melalui surat pengumuman Nomor. 07/PP.06-pu/32/timsel-provinsi/IV/2018, yang di tandatangani Ketua Tim Seleksi KPU Jabar, Muradi.

Meski demikian, pergantian enam nama tersebut dipengaruhi Surat KPU RI dengan Nomor 083/PP.06-SD/05/KPU/IX/2018 tertanggal 18 September 2018 yang ditandatangani Ketua KPU RI, Arief Budiman.

Melalui surat tersebut, KPU RI meminta Timsel KPU Jabar untuk mengoreksi calon anggota KPU Jabar periode 2018-2023 dan melakukan penundaan Uji Kelayakan dan Kepatutan.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Deden Nurul Hidayat yang semula lolos 14 besar merasa aneh dengan perubahan ini. Ia tidak habis pikir karena namanya menjadi tidak ada.

“Ya aneh juga. Mungkin ya mungkin. Saya belum bisa bicara terbuka,” kata Deden, Kamis, 20 September 2018.

Koordinator Advokasi Penyelenggaraan Pemilu Jujur Dan Bersih, Aep Lukmanul Hakim berpendapat timsel telah mencederai proses seleksi dengan atau tanpa tekanan.

Ia berencana mengadvokasi kasus ini dengan mengadukannya pada Komisi II DPR RI untuk melihat apakah ada intervensi terhadap keputusan timsel.

“Ini ada yang intervensi sehingga harus diungkap sampai tuntas,” ujarnya. (Mesa)

Baca Juga  Polres Aceh Selatan : Stop Perburuan Harimau Sumatera!
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close