©mediadesa.id
(0265) 7521140 mediadesa.id@gmail.com
Rabu, Juni 26, 2019
Ragam

Aneh, disaat Lebaran Warga di Kampung Ini Malah Berendam di Parit

MediaDesa.idTASIKMALAYA. Hari Raya Idul fitri (lebaran) adalah momen penting bagi warga. Khususnya yang ada di pedesaan, karenanya mereka dapat bersilaturahmi dengan sanak-saudara yang tinggal di luar desa, kota, bahkan luar negeri. Warga Desa yang merantau pada saat lebaran hampir dipastikan mudik kekampung halaman.

Untuk menambah kehangatan suasana lebaran, berbagai tradisi pun digelar di berbagai daerah, seperti samenan, halal-bi halal Bani dan sebagainya.
Suasana berbeda terasa di Dusun Tarikolot, Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, warga disini memiliki hal unik untuk menghangatkan lingkungan desa ini dalam setiap lebaran. Para pemudik yang berkunjung ke Desa ini selain bersilaturahmi dengan sanak saudara mereka menggelar tradisi “Ngobeng” yaitu menangkap ikan di kolam atau parit dengan hanya menggunakan tangan kosong.

“semua ikan yang ditangkap ini hasil urunan pemudik yang tinggal di Tasikmalaya, Bandung dan Jakarta dengan tanpa memungut dari masyarakat setempat” pungkas H. Asep Heri salah satu pemudik dari Kota Tasikmalaya saat dihubungi koresponden Mediadesa.id.

H. Asep menjelaskan bahwa tradisi ini dilakukan setiap tahun, disamping memangkap ikan warga sambil gotong royong membersihkan parit saluran air.

Sebagian besar Masyarakat Dusun Tarikkolot Desa Cileungsi baik anak-anak, remaja dan orang tua dengan sukacita dan penuh canda ikut dalam acara ngobeng ini. Alasan ini kiranya mengapa tradisi ngobeng setiap tahun di gelar. Menurut H. Asep tradisi seperti ini penting untuk terus dijaga, karena mampu mencairkan komunikasi dan menambah keakraban serta rasa kekeluargaan warga Dusun Tarikkolot dengan Para pemudik. (Andi Ibnu Hadi)

  • 26
    Shares
Baca Juga  Tradisi Mudik Santri Condong ini Lain dari Yang Lain

Tinggalkan Balasan