Ansor Cikoneng Punya Jurus Jitu Atasi Masalah Ekonomi

oleh -

CIAMIS – Sebagai bagian dari penguatan ekonomi masyarakat, Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindag Kabupaten Ciamis berkunjung ke GP Ansor Cikoneng untuk melihat langsung kegiatan usaha yang dilakukan oleh warganya.

Usaha memberdayakan ekonomi masyarakat dan perang melawanan kemiskinan dan kesenjangan menjadi agenda penting dalam kegiatan pembangunan dimasa yang akan datang.

Penguatan ekonomi rakyat dan pemberdayaan masyarakat dalam ekonomi tidak selalu harus membentuk pengusaha besar atau kelompok ekonomi yang kuat, namun agenda yang paling penting disini adalah pemberdayaan, dalam hal ini adalah penguatan bersama.

Salah satu solusi dalam mengurai masalah kesenjangan ekonomi adalah membangun usaha dan memanfaatkan potensi yang ada. Salah satunya adalah perikanan.

Berbicara tentang pemberdayaan perikanan tentunya tidak akan lepas dari sumber lain sebagai penunjang utama yaitu adanya produksi pakan alternatif, yaitu pakan.

Produksi pakan berperan signifikan dalam menunjang sektor perikanan. Disamping membantu para petani ikan , tentunya membuka peluang usaha dan penyedia lapangan pekerjaan.

Maka dari itu, PAC GP Ansor Cikoneng melihat adanya titik temu dan peluang serta prospek pemberdayaan khususnya bagi kader-kader Ansor dan masyarakat pada umumnya.

Prospek di bidang penyedia pakan ikan alternatif tentunya sangat strategis sebagai bentuk pemberdayaan dan penguatan ekonomi. Atas dasar itulah, maka PAC Ansor Cikoneng akan terus mendorong tumbuh kembangnya para petani ikan, dan akan fokus dalam produksi pakan ikan.

Sebagai bentuk keseriusan dalam penyediaan pakan, Ansor Cikoneng juga telah membentuk wadah sebagai distributor yang diberi nama “Sahabat Ritel” , yang akan terus melakukan upaya untuk membuat legalitas formal bagi produksi pakan tersebut.

Kedepannya melalui program pemberdayaan ini, Ansor Cikoneng punya harapan besar agar bisa menyerap tenaga kerja, khusunya para pemuda yang ada di wilayah Cikoneng.

Baca Juga :  Hasil Sidak Penyaluran Dana BLT di Banten

Berikan komentar