InspiratifRagam

B3tters, Komunitas Penggerak Sosial di Banjar

MediaDesa.idBANJAR – Sejak awal dibentuknya komunitas ini anggotanya konsisten untuk membantu warga masyarakat di pelosok daerah dalam bidang sosial kemanusiaan.

Diah Sulistiowaty adalah sosok kunci dan penggerak dari komunitas B3tters, yang dibentuk pada 11 juni 2017 bermula dari kegiatan Buka Bersama 500 anak yatim di Kota Banjar. Mewadahi relawan yang turut membantu kegiatan tersebut Diah mempelopori dibentuknya komunitas B3tters di bawah Yayasan Bhakti Persada Jawa Barat Cabang Banjar.

Anggota komunitas ini terdiri dari mahasiswa, karyawan swasta, wiraswastawan dan siswa-siswa SMA disekitar Banjar bahkan ada dari luar daerah. B3tters bertujuan untuk kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

loading...

Komunitas ini memiliki program B3care, B3 maknanya Berbagi, Bahagia dan Bersama sedangkan Care mencakup 4 fokus kegiatan yaitu Clinic, Adventure, Distribution dan Enjoy. Dalam selang waktu satu tahun terakhir selain kegiatan Big Bukber kominitas B3tters telah melakukan sosial kemanusiaan bagi warga masyarakat di daerah sekitar Banjar.

“Kita telah melakukan pembagian sembako gratis di Desa Sukamukti dan Desa Neglasari, lalu membantu korban bencana alam di Garut, melakukan pengobatan homeopathy gratis di Desa Sukamukti, pemasangan instalasi listrik gratis kaum dhuafa dan pemberian air bersih di daerah Curugtaneuh.” Jelas Diah pada Media Desa

“Terakhir pada ramadhan kemarin kita mengadakan Buka Bersama 600 anak yatim dan Insya Allah akan kembali mengadakan pengobatan gratis dan sunatan massal” sambung Ibu rumah tangga yang biasa di panggil Dondon ini.

“Dalam kegiatan kita selain bersifat sosial juga memberdayakan masyarakat misalnya mengikut-sertakan mayarakat dengan program kami saat membedah rumah 2 warga yang kita bantu” ujar Diah.

“Untuk dana kegiatan kami berasal dari para dermawan yang ada di Banjar dan luar daerah.” pungkasnya.

Baca Juga  Inilah Kereta Api Yang Berhenti di Stasiun Tasikmalaya 

Kegiatan B3tters telah menarik perhatian generasi muda terutama mereka yang bergabung menjadi relawan komunitas ini, bukan hanya warga sekitar beberapa warga di luar daerah mengapresiasi kegiatan B3tters dengan turut membantu pendanaan kegiatan sosial B3tters.

Peran aktif Diah telah menjadikannya sosok orang tua bagi anak-anak muda yang menjadi anggota komunitas B3tters, setiap hari sekretariat B3tters yang terletak di jalan Siliwangi, Parungsari tidak pernah sepi menjadi tempat berkumpul anggota komunitas.

Diah berharap melalui komunitas ini ia dapat terus berbagi bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya warga masyarakat Banjar.

“Saya berharap komunitas kami tetap solid dan tetap berbagi dengan orang yang membutuhkan selain itu ingin B3tters mandiri dalam segala hal” jawab Diah saat ditanya harapannya.

Sesuai dengan nama komunitas B3tters setiap anggota selalu berharap menjadi lebih baik bagi pribadinya maupun warga masyarakat yang dapat mereka bantu. (Doni Sutriana)

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close