Inspiratif

Begini, Tips Menjadi Pengusaha Batik yang Sukses

MediaDesa.idSOLO. Taofiq Hidayat, S.E. adalah seorang pengrajin batik khas Solo yang sukses dari modal 10 juta dan kini dia mempunyai aset perusahaan milyaran rupiah. Ia mengungkapkan kepada tim mediadesa bahwa sebelum menjalankan bisnis batiknya awalnya ia pegawai di pengrajin batik selama kurang lebih 2 tahun.

Dia memaparkan bahwa bukan asli orang Solo melainkan asli dari Tasikmalaya. Dahulu ia merantau ke Solo dan sekarang sudah berkeluarga, mempunyai istri asli orang Solo. “Perjalanan saya dari nol, sampai seperti sekarang ini butuh perjuangan dan sebelum itu saya pernah bekerja di Perhutani tetapi namanya pegawai Mas, enggak bisa bebas”, ungkap dia. Diapun tidak sungkan mengajak kami melihat ke tempat produksi batik miliknya, sambil memberitahu tentang tata cara pembuatan batik yang mempunyai kualitas baik.
“Bisnis itu Jangan terpaku dengan modal, karena jika kita memikirkan modal yang begitu besar, kapan kita mau jadi orang sukses? bila kita hanya punya modal 10 juta pakai modal itu secukupnya dan jika memang cukup untuk 10 juta maka buat untuk 10 potong dan yang penting harus pintar mengelola keuangan”, Pungkas ia. (Dian)

Baca Juga  Komunitas Taxi Online X-Pilot Tasik Santuni Warga Miskin
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close