Peristiwa

Beredar Potongan Foto WA Oknum Karang Taruna Jabar Ancam Wahid Cs Ke Meja Hukum

TASIKMALAYA – Deadlocknya Temu Karya Karang Taruna Kota Tasikmalaya berkelanjutan. Wahid sebagai Kandidat Calon Ketua dan Arip sebagai peserta yang juga Ketua Karang Taruna Cihideung diancam ke meja hukum.

Ancaman tersebut disampaikan perwakilan Karang Taruna Jabar, Satria melalui pesan Whatsup. Ia akan memperkarakan secara hukum atas pemberitaan “media desa” jika Wahid tidak mengklarifikasi dan menarik berita itu.

“Itu berita sama aja pencemaran nama baik tuh…kategori perbuatan tidak menyenangkan. Kalau Wahid Cs tidak mengklarifikasi dan menarik berita itu, kita perkarakan secara hukum,” tulis WA dengan nama Satria Katar.

Dalam percakapan WA terdapat postingan berita “media desa” berjudul pemilihan ketua karang taruna deadlock, arip sayangkan ketidaknetralan kota dan provinsi.

Kemudian ditanggapi Satria Katar bahwa tidak boleh mempersoalkan sikap kota dan provinsi karena punya hak suara.

“Buat apa dikasih suara. Saling menghormatilah !. Tanyain ke s Wahid dan Arif tuh, salahnya dimana kalau provinsi menggunakan hak suaranya alias tidak abstain?. Apa ada aturannya/ketentuannya harus abstain ?,” tulisnya.

Belum diketahui dengan siapa WA bernama Satria Katar berbicara karena yang terlihat hanya postingan berita media desa.

Ketua DPC Peradi Tasikmalaya, Andi Ibnu Hadi menjelaskan pencemaran nama baik di sana mengenai apa?. Karena itu sangat penting terkait dengan unsur pasal mana yang tepat.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 310 sampai dengan 318, ujarnya, ada pencemaran nama baik/fitnah dengan tulisan, laporan palsu dan sebagainya.

“Dan dalam perkara ini justru seandainya, jika Wahid dan Arif dilaporkan kemudian ternyata tidak terbukti akan berdampak pada pemenuhan unsur fitnah bagi pelapornya sendiri sebagaimana diatur dalam Pasal 317 mengenai mengadu secara memfitnah,” tuturnya.

Andi pun menyampaikan bunyi Pasal 317 tersebut yakni barangsiapa dengan sengaja mengajukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, baik secara tertulis maupun untuk dituliskan, tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang, diancam karena pengaduan fitnah.

Baca Juga :  BMKG: Suhu Udara Tasikmalaya Panas, Berkisar 31-33 Derajat Celcius

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Tasikmalaya, Rahmat Durahmat belum bisa memberi keterangan terkait ini. Media Desa mencoba menelpon dan WA sekira pukul 12.03 WIB, Hari Kamis, 1 November 2018 tapi belum ada jawaban.

Namun Durahmat ada memberi tanggapan sekira Pukul 15.07 WIB bahwa dia sudah demisioner sehingga tidak tahu menahu soal ancaman. Termasuk tidak dibenarkan jika dari Provinsi ada ancaman ke Wahid Cs.

“Saya jamin tidak ada ancaman ke pihak Wahid Cs dalam bentuk apapun,” kata Durahmat. (Miftah Hurrizqi)

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: