Kuliner

Bingung Buka Puasa? Coba Bubur Hanjeli

SUKABUMI – Salah satu yang identik dengan bulan Ramadhan adalah berburu menu untuk buka puasa, aneka ragam masakan dan minuman diserbu warga sesaat sebelum berbuka puasa.

Kita bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah sambil menunggu berbuka puasa atau membeli keluar rumah, namun tetap hati-hati ya, apalagi di tengah wabah corona sekarang ini. Keluar rumah lah jika memang memungkinkan, namun jika dirasa berbahaya jangan dulu.

Bubur Hanjeli ini, makanan khas dari Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, dapat dijadikan sebagai pilihan menu berbuka puasa atau takjil. Nah, untuk anda sekalian pembaca, pembuatan bubur hanjeli bahan utamanya yaitu beras hanjeli, gula kawung, daun pandan, santan dan sedikit garam.

Dari bahan-bahannya sudah terbayangkan rasanya yang manis. Adapun proses pembuatannya cukup sederhana dan seperti membuat bubur pada umumnya.

Pengelola desa wisata hanjeli, Asep Hidayat, mengatakan pembuatan bubur hanjeli biasanya dilakukan kaum ibu yang merupakan mantan buruh migran atau TKW di Waluran. Menurut Asep dalam waktu dekat ini hanjeli akan melimpah karena masuk masa panen.

” Kami pun sebentar lagi akan panen hanjeli, kurang lebih warga menanam sekitar tiga hektar di berbagai lokasi di kawasan Desa Wisata Hanjeli. Diperkirakan satu bulan lagi panen raya,” tutup Asep. Dikutip dari sukabumiupdate.

Penulis : Mesa
Sumber : sukabumiupdate

Baca Juga :  BUMDes Mandiri Sejahtera Ubah Limbah Tanaman dan Plastik Jadi Rupiah

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: