BUMDes

Budidaya Ayam Petelur Untung 3,2 Juta Perhari

BOJONEGORO – Budidaya ayam petelur yang dilakukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Makmur Rejo, Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menunjukkan perkembangan cukup pesat. Dalam sehari omset yang diraup mencapai Rp 3.200.000, dengan kakulasi harga 1 Kg telor Rp 20.0000.

Pada 2019, produksi telor sudah mencapai 160 kilogram perhari dari 4.500 ayam petelur. Produksi telur masih memenuhi kebutuhan pasar di desa sekitar. Selain dibeli pedagang pasar, BUMDes Makmur Rejo juga memasok telur untuk kebutuhan program keluarga harapan (PKH). Jumlah telur yang diproduksi belum mampu memenuhi permintaan pasar.

Untuk itu, pengelola BUMDes Makmur rejo segera melakukan pengembangan usaha di tahun 2020 ini. Mereka akan menambah bangunan kandang dan menambah ayam, serta mengganti ayam yang sudah tidak produktif karena sudah berumur 1,5 tahun.

Inovasi BUMDes Makmur Rejo mendapat apresiasi positif dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan dukungan dana Rp 100 juta untuk pengembangan usaha. Dana itu dialokasikan untuk pembangunan kandang berukuran 4×15 meter dan menambah 400 ekor ayam.

Usaha ayam petelur BUMDes Makmur Rejo dimulai pada 2018. Pemerintah Desa Bandungrejo memberi penyertaan modal sebesar Rp 20 juta. Lokasi kandang berada di tanah kas desa seluas 2.450 meter persegi.

Setelah itu, Desa Bandungrejo membangun kemitraan dengan Operator Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB), Pertamina EP Cepu sehingga mendapat tambahan modal sebesar Rp 296.106.428.
Modal tersebut dialokasi untuk pengadaan ayam petelur sejumlah 1.5000 ekor, pembuatan dua kandang, pembelian pakan, obat-obatan dan kebutuhan lainnya. Usaha ayam petelur ini mampu memproduksi telur sebanyak 60 Kg perhari.

Penulis : Mesa
Sumber : Kemendes PDTT

Baca Juga :  Desa Citalahab Sulap Hutan Jadi Lapangan Sepak Bola

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: