BUMDes

BUMDes Mandiri Sejahtera Ubah Limbah Tanaman dan Plastik Jadi Rupiah

KUNINGAN – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri Sejahtera di Desa Bundes, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat mampu mengolah limbah plastik menjadi sumber usaha. Tak hanya itu, BUMDes Mandiri Sejahtera juga memanfaatkan mesin pencacah limbah tanaman untuk dibuat menjadi pupuk maupun makanan ternak.

BUMDes Mandiri Sejahtera memiliki unit usaha yang bergerak pada sektor daur ulang limbah plastik dan pemanfaatan mesin pencacah tanaman. Sampah plastik dicacah dari yang awalnya tidak berguna menjadi bernilai ekonomis, untuk dijual kepada pabrik-pabrik pengolahan plastik.

Tak hanya itu, BUMDes Mandiri Sejahtera juga memanfaatkan mesin pencacah tanaman untuk menghancurkan daun, ranting, hingga dahan pohon, seperti tanaman jagung. Mesin ini difungsikan untuk mengolah limbah tanaman, untuk dicacah menjadi bahan pembuatan pupuk ataupun pakan ternak.

Tanaman yang sudah dicacah, selanjutnya difermentasikan ke dalam buleng-buleng plastik besar. Hasilnya memiliki nilai ekonomi cukup bagus, mereka mampu menjual produknya Rp 80 ribu/drum.

Keberhasilan BUMDes Mandiri Sejahtera tak lepas dari kreativitas dan inovasi dari para pemuda Desa Bunder yang mendapat dukungan penuh dari pemerintahan desa dan pemerintah daerah. Usaha pengolahan sampah dikelola oleh lima orang pekerja.

Hadirnya inovasi di atas dapat mengatasi masalah sampah, sekaligus mampu memberdayakan masyarakat dengan penyerapan tenaga kerja di desa setempat. Hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam percepatan pertumbuhan ekonomi berbasis inovasi.

Pemkab Kuningan berharap inovasi ini menjadi inspirasi bagi desa-desa yang lain sehingga visi Kuningan Maju berbasis Desa bisa terwujud.

Pendekatan inovasi dan kreativitas yang dilakukan di desa terbukti membawa dampak positif bagi perbaikan tata kelola desa. Hal itu menjadi wujud dari Gerakan Desa Membangun untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: