Bupati Jeje Sediakan Bus Untuk Penumpang KA Pangandaran

oleh -

PANGANDARAN – Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata sangat senang PT KAI meluncrukan KA Pangandaran. Tapi sayang kereta tersebut hanya sampai stasiun Banjar. Untuk itu Pemkab Pangandaran akan menyiapkan bus wisata untuk memobilisasi penumpang kereta dari Stasiun Banjar menuju Pangandaran yang berjarak 75 kilometer (km).

“Supaya lancar nanti akan kami siapkan bus khusus yang akan menjemput wisatawan dari Stasiun, untuk jadwal dan waktunya disesuaikan, kalau dari Bandung misalnya jam berapa, nanti bus akan berangkat jam berapa,” kata Jeje saat menghadiri grand launching KA Pangandaran di Stasiun Banjar Rabu (2/1/2019).

Menurut Jeje, tarif bus tersebut tidak semahal angkutan konvesional, tapi pemkab tak ingin keberadaan bus Pemkab Pangandaran mematikan pengusaha angkutan umum. “Kami nantinya akan berkoordinasi dengan pihak swasta untuk bekerja sama, kami tak ingin mematikan perusahaan otobus yang sudah berjalan,” kata mantan wakil Bupati Ciamis ini.

Lantas, berapa tarif KA tersebut?

VP Public Relation PT KAI, Agus Komarudin mengatakan tarif kereta tersebut dibagi menjadi dua, yakni untuk eksekutif dan ekonomi premium. Harganya pun berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 520.000.

“Tarif batas bawah untuk eksekutif Rp 150.000 dan tarif batas atasnya Rp 520.000. Kalau Ekonomi premium tarif batas bawahnya Rp 100.000 dan tarif batas atasnya Rp 330.000,” kata dia kepada detikFinance, Kamis (3/1/2019).

Namun saat ini tarif tersebut belum berlaku. KAI sendiri masih memberikan promo untuk calon penumpang hingga 1 Februari 2019.

Untuk tarif promo Gambir-Banjar pulang-pergi (PP) kelas eksekutif sebesar Rp 160.000. Sedangkan untuk kelas ekonomi premium sebesar Rp 110.000.

“KAI memberikan tarif promo untuk KA Pangandaran keberangkatan tanggal 2 Januari hingga 1 Februari 2019. Gambir-Banjar (PP) kelas eksekutif Rp160.000, dan kelas ekonomi premium Rp110.000,” ungkap dia.

Baca Juga :  Suporter Fanatik PSGC Herman Pocong Ungu Meninggal Dunia

Sementara itu, rute Jakarta-Banjar sendiri memakan waktu selama 7,5 jam. Kemudian, dilanjutkan dengan jalur darat Banjar-Pangandaran selama 2 jam maka total waktu perjalanan Jakarta-Pangandaran memakan waktu 9,5 jam.

Berikan komentar