Teknologi

Cek Smartphone Anda, Mulai Februari 2020 Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp

MediaDesa – Aplikasi perpesanan WhatsApp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Baik perorangan ataupun lembaga, aplikasi ini sangat bermanfaat terlebih beberapa lembaga baik resmi maupun swasta, organisasi, pemerintahan dari pusat sampai daerah menggunakan aplikasi satu ini untuk mempermudah pelayanannya kepada warga yang membutuhkan. Salahsatunya pelayanan disdukcapil, agar waktu efisien dan tidak terlalu mengantri di kantor, warga bisa mengirimkan permohonannya lewat nomor resmi (via WhatsApp) yang disediakan oleh kantor.

Namun, mulai awal februari 2020, aplikasi dengan khas icon warna hijau ini tidak akan mendukung di beberapa gawai (perangkat) smartphone. Kebanyakan untuk versi atau smartphone keluaran lama yang tidak akan bisa menggunakannya lagi. WhatsApp tidak bisa lagi digunakan ponsel yang menjalankan sistem operasi Android versi 2.3.7 (Gingerbrand) dan sistem operasi iOS 8.

“Karena kami tak lagi secara aktif mengembangkan layanan pada sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin stop beroperasi sewaktu-waktu,” ujar Facebook melalui laman WhatsApp, seperti dilansir Kamis (30/1/2020).

Facebook, yang sekarang pemilik WhatsApp itu, menyarankan pengguna untuk memperbarui sistem operasi ke Android versi 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) dan ke atas, iOS 9 dan beberapa pengguna KaiOS 2.5.1 ke atas termasuk JioPhone 2.

Beberapa ponsel memang bisa mengupgrade sistem operasinya, namun bagi pengguna iPhone, iPhone 3G, iPhone 3G S, dan iPhone 4 tidak akan bisa lagi menikmati WhatsApp sebab Apple sudah berhenti mengirimkan pembaruan iOS. OS tertinggi pada ponsel ini adalah iOS 8.

Lalu, bagaimana cara paling mudah mengecek ponsel bisa mendukung aplikasi perpesanan ini? Ini caranya
Tips Cara mengetahui Versi OS Ponsel

Agar WhatsApp di ponsel tidak tiba-tiba lumpuh, baiknya mengecek versi sistem operasi yang digunakan ponsel.

Baca Juga :  Kementerian Kelautan dan Perikanan Kembangkan Cara Pembenihan Rajungan

Caranya sangat mudah. Untuk pengguna Android tinggal pilih Setting (Pengaturan) lalu klik About Phone (Tentang Ponsel). Di sini nanti akan terlihat OS semua informasi mengenai ponsel termasuk sistem operasi (OS) yang digunakan.

Bagi pengguna iPhone, masuk ke General (Umum) kemudian klik About (Mengenai). Pengguna akan disuguhkan semua informasi tentang iPhone termasuk versi iOS yang digunakan.

Bila ingin update sistem operasi pengguna tinggal masuk ke Update Software. Bila ponsel kamu mendapat pembaruan resmi tinggal klik update yang disediakan.

Penulis : Mesa
(dari beberapa sumber)

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: