©mediadesa.id
(0265) 7521140 mediadesa.id@gmail.com
Jumat, April 26, 2019
Pendidikan

Dapat Bantuan DAK SD Terbesar, Awasi Disdik Ciamis

CIAMIS- Tahun anggaran 2019 Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Sekolah Dasar (SD) Rp 92 miliar lebih. DAK tersebut merupakan yang terbesar di Indonesia dibanding daerah lain penerima DAK.

“Memang besarannya sangat fantastis, proyek ini untuk  fisik dan non fisik  setelah ada review dari Inspektorat, lalu mengusulkan pencairan yang dibagi 3 termin,” ujar Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik Ciamis H Jajang usai kegiatan Bimtek Pelaksanaan Kegiatan DAK fisik bisang pendidikan SD tahun 2019 di Gedung Islamic Center Ciamis Rabu (27/3).

Dana tersebut digunakan untuk pembangunan fisik dan non fisik. Rinciannya, untuk pembangunan fisik ada beberapa menu seperti rehab 906 ruang kelas di 288 SD sekitar Rp 53 miliar. Rehab 3 ruang Perpustakaan sebesar Rp 516 juta. Rehab 37 ruang guru dengan dana Rp 2,4 miliar.

Rehab 590 ruang toilet di 232 SD dengan dana Rp 4,5 miliar. Pembangunan ruang kelas baru sebanyak 72 ruang di 57 SD, dengan dana Rp 10,9 miliar.

Sedangkan sisanya untuk non fisik seperti pengadaan buku koleksi perpustakaan, sarana pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) serta pengadaan peralatan seni budaya dan kesenian tradisional.

Ketua LSM Pemantau Penyelenggara Negara (Penjara) Agung Setiawan meminta semua pihak terkait untuk mengawasi pekerjaan di Disdik. Sebab berdasarkan pengalaman sebelumnya selalu ada kebocoran. Modusnya adalah markup pembelian bahan. “Dana itu besar mari kita awasi, jangan ada setoran ke pejabatnya,” katanya. (dab)

  • 21
    Shares
Baca Juga  Edusee Latih Puluhan Guru PAUD Metode CAEM

Tinggalkan Balasan