Pendidikan

Dedi Mulyadi, “Tes CPNS Bukan Solusi Tenaga Honorer”

PURWAKARTA – Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengatakan Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bukan solusi bagi para tenaga honorer di Indonesia. Pasalnya menjadi PNS tidak berdasar lagi pada masa pengabdian dan jiwa keikhlasan.

“Maka sampai kapan pun peningkatan hajat hidup tenaga honorer akan seperti ini dan ikut tes CPNS juga tak menjamin lolos. Begitupun yang lolos belum tentu memiliki jiwa pengabdian kuat dan keikhlasan yang tulus,” kata Dedi saat Silaturahmi Forum Komunikasi Honorer K2 Indonesia di Kota Bukit Indah, Plaza Hotel Purwakarta, Jum’at, 23 November 2018.

Menurut Dedi, terdapat indikator lain yang tidak ditemukan dalam diri para peserta tes yakni keikhlasan. Berbeda dengan tenaga honorer yang sudah teruji sekian tahun bahkan puluhan tahun yang harusnya jadi pertimbangan utama menjadi PNS.

Untuk itu, Dedi lebih sepakat kunci utama jadi PNS adalah keikhlasan bukan seleksi karena tenaga honorer sudah terbukti berani bekerja tanpa penghasilan tetap.

“Ya seharusnya para tenaga honorer ini yang jadi prioritas, apalagi banyak pegawai yang memasuki masa pensiun,” ujarnya.

Dedi pun mengulas perjalanan saat menjadi Bupati Purwakarta. Ia pernah menggulirkan program ‘Guru Yata Bhati” yang berisi pemberian insentif bagi tenaga honorer dari asalnya Rp 25 ribu menjadi Rp 500 ribu. Kemudian mengajukan status mereka Pemerintah Pusat agar pengangkatan honorer jadi prioritas meski lulusan SMA.

“Jadi SMA juga gak apa-apa karena kalau sudah jadi PNS bisa kuliah,” tuturnya.

Ketua Umum Forum Honorer K2 Indonesia, Titi Purwaningsih menyambut baik keinginan Dedi Mulyadi itu. Ia sangat berterima kasih karena masih ada Ketua Parpol yang bersedia melakukan pendampingan terhadap nasib tenaga honorer

Baca Juga  Guru Honorer Ingin Dibuatkan Rumah Gratis

“Sejak awal, keinginan kami memang begitu. Kami ingin diangkat menjadi PNS tanpa melihat usia, masa bakti kami di institusi negara harus menjadi pertimbangan utama,” kata Titi. (Mesa)

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close