BUMDes

Desa Bonto Sunggumanai Raih Juara BUMDes di Sulawesi Selatan

SULSEL – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bonto Sunggumanai di Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, memiliki banyak inovasi. BUMDes Bonto Sunggumanai mengelola unit usaha produksi paving blok, beton kanstin, dan batako. Selain itu, ada unit usaha perdagangan hasil pertanian, jual beli gabah, jagung, dan ubi.

Ada juga unit usaha agribisnis dan hortikultura budi daya dan supply jagung baby corn, unit jasa lembaga keuangan mikro desa (LKMD) peminjaman modal UMKM, dan unit usaha loket resmi pembayaran online (PPOB), dan agen BRI-Link.

Untuk perdagangan hasil pertanian, hasil pertanian masyarakat dibeli oleh BUMDes sesuai harga di pasaran dan harga Bulog. Dampaknya, permainan harga dapat ditekan oleh kehadiran lembaga ekonomi desa ini.

Luas lahan pertanian produktif di Desa Sunggumanai mencapai 230 hektar yang didukung oleh sistem irigasi, dua bendungan dan satu pelimpah. Dengan luas lahan tersebut dapat menhasilkan 1500 ton gabah permusim atau satu kali panen,

Pada 2018, BUMDes mampu mengelola modal usaha sebesar Rp 160 juta untuk mengasilkan omset Rp 1.050.000.000.

Semua unit usaha di BUMDes Sunggumanai selalu melibatkan masyarakat karena tujuan berdirinya lembaga ini tak sekadar mengejar profit, tapi memberdayakan masyarakat dan membuka lapangan kerja.

Keberadaan BUMDes di Desa Sunggumanai menimbulkan kebanggaan bagi masyarakat, terlebih lembaga ini mampu menjuarai lomba di tingkat provinsi.

Penulis : Mesa
Sumber : Kemendes PDTT RI

Baca Juga :  Platform Perjuangan Pertanian oleh Mahasiswa Pertanian se-Indonesia
error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: