BUMDes

Desa Botohili Sorake Kelola Pantai Pakai Dana Desa

NIAS – Pemerintah Desa Botohili Sorake memanfaatkan Dana Desa untuk mendukung pengembangan pariwisata Pantai Sorake. Mereka membangun wahana bermain anak di sekitar Pantai Sorake. Keberadaan wahana bermain ini diharapkan mampu mendongkrak pengunjung ke Pantai Sorake.

Desa Botohili Sorake merupakan salah satu desa di Kecamatan Lagundri, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Pembangunan sarana bermain anak di Pantai Sorake merupakan hasil musyawarah desa pada September 2017.

Masyarakat desa berharap pengunjung Pantai Sorake terus meningkat sehingga diputuskan fasilitas ruang publik untuk para wisatawan. Berkat program pembangunan di pantai, perubahan mulai terlihat. Para pengunjung sudah bervariasi, terlebih pembangunan saung-saung toko untuk jualan.

Desa Botohili Sorake merupakan desa yang terdampak paling parah saat gempa tsunami melanda. Sebelum gempa, air laut sampai bibir pantai sehingga Pantai Sorake menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Setelah gempa, ada perubahan alam, air laut sudah tidak sampai bibir pantai sehingga menimbulkan karang berlumut dan bau tak sedap.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sorake didapuk menjadi pengelola wahana permainan anak. BUMDes juga mengelola sejumlah unit usaha lain untuk mendukung perekonomian perkembangan masyarakat. BUMDes Sorake sudah berjalan satu tahun dengan penyertaan modal dari APBDes Sorake sebesar Rp 45 juta.

Penulis : Mesa

Baca Juga :  Desa-desa Wisata Diminta Segera Dibuka Lagi Juli Ini
error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: