Desa

Desa Ini Punya Aplikasi Kelola Kependudukan Secara Online

KARANGANYAR – Teknologi berbasis online sudah begitu maju untuk memudahkan kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat di pedesaaan. Kini ada layanan administrasi kependudukan yang berbasis online seperti yang ada di Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Aplikasi online itu merupakan Program Inovasi Desa (PID) Desa Papahan. Desa Papahan sukses berinovasi dengan menghadirkan layanan administrasi kependudukan online bernama Simade (Sistem Informasi Manajemen Desa) kepada masyarakat yang mulai disosialisasikan pada awal 2019 melalui ketua-ketua RT di seluruh Desa Papahan.

Warga desa dan pemerintah desa bersama-sama belajar memanfaatkan teknologi untuk menuju SDM unggul 4.0. Dengan SDM yang unggul, desa dapat terus melahirkan inovasi agar desa semakin kuat, mandiri dan sejahtera.

Masyarakat tidak perlu ribet karena bisa mengurus langsung dari layar smartphone seperti memesan transportasi online. Simade hadir untuk memudahkan masyarakat Desa Papahan yang akan mengurus administrasi kependudukan.

Ada delapan kemudahan yang bisa didapat masyarakat melalui Simade, yakni:

  1. Surat Pengantar SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  2. Surat Permohonan KTP
  3. Surat Keterangan/Pengantar
  4. Surat Keterangan Usaha
  5. Surat Keterangan Domisili
  6. Surat Pengantar Izin Keramaian
  7. Surat Keterangan Kehilangan
  8. Surat Keterangan Belum Menikah

Masyarakat Desa Papahan yang akan mengurus delapan hal itu tidak harus melewati proses yang merepotkan seperti meminta surat pengantar RT, lalu RW, kemudian ke kantor kelurahan. Mereka cukup mengunduh aplikasi Simade kemudian mengurus administrasi kependudukan melalui layar smartphone.

Nantinya, permohonan akan diterima Kepala Desa Papahan, Tri Sadono melalui layar smartphone juga. Jika permohonan diterima, maka surat keterangan akan langsung jadi dan bisa diambil di Kantor Kepala Desa Papahan. Masyarakat bahkan tidak perlu bertemu Kepala Desa untuk mengurus administrasi kependudukan melalui Simade.

Baca Juga :  Kemendes PDTT Luncurkan Desa Damai, Apa itu?

“Kami memanfaatkan internet, memanfaatkan media sosial, dan lain-lainnya untuk memberikan layanan kepada masyarakat desa agar semakin praktis, semakin mudah, murah, dan cepat,” ujar Kepala Desa Papahan, Tri Sadono di Balai Desa Papahan.

Penulis : Mesa
Sumber : Kompas

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: