BUMDes

Desa Muara Rantau Sukses Tingkatkan Pendapatan Asli Desa Lewat Ternak Sapi

BENGKULU – BUMDes Rantaman Desa Muara Danau sukses kembangkan unit usaha peternakan sapi. Pada 2018, Pemerintah Desa Muara Danau mendukung penyertaan modal sebesar Rp 262 juta atau 40 prosen dari Dana Desa. Peternakan sapi mampu menyumbang peningkatan Pendapatan Asli Desa cukup besar.

Desa Muara Danau merupakan salah satu desa di Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Mereka memilih unit usaha peternakan sapi karena pengetahuan dan keterampilan ternak sudah dikenal dan dikuasai oleh masyarakat.

Usaha ternak sapi dikelola BUMDes dengan melibatkan warga desa yang berprofesi sebagai peternak. Pakan dan berbagai macam kebutuhan lainnya semuanya tersedia di desa. Para peternak biasanya memiliki lahan untuk budidaya rumput khusus pakan ternak.

Selain itu, masyarakat desa banyak yang menanam jagung, daun jagung yang sudah dipanen itu akan dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Pada tahap awal, BUMDes Muara Danau mengolela peternakan dengan 20 ekor sapi. BUMDes membangun kandang sapi dalam skala besar untuk kandang sapi yang dikelola BUMdes, termasuk kandang akan menyewakan untuk ternak-ternak milik masyarakat.

Area peternakan sapi juga akan dilengkapi dengan mesin pengolah makanan sapi sehingga BUMDes bisa melayani jasa pengelolaan ternak milik masyarakat. BUMDes menyiapkan kandang, menyiapkan pakan, dan masyarakat tinggal membayar jasa ke BUMDes.

Dampaknya, hewan ternak milik warga tidak berkeliaran ke kebun-kebun warga yang sering memunculkan perselisihan antarwarga.

Selain pengembangan usaha peternakan sapi, BUMDes Rantaman juga memiliki usaha warung BUMDes yang menyediakan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat. Warung BUMDes juga menampung hasil pertanian warga, seperti jagung, gabah, dan tanaman palawija lainnya.

Tak heran keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Muara Danau mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat desa.

Baca Juga :  Cari Durian Montong Sekaligus Wisata? Kunjungi Desa Limbangan

Penulis : Mesa
Sumber : Kemendes PDTT

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: