BUMDesPertanian

Desa Palugon Kembangkan Unit Usaha Produksi Pupuk Organik

CILACAP – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Palugon mengembangkan unit usaha produksi pupuk organik. Unit usaha ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk hortikultura wilayah pegunungan di Kabupaten Cilacap.

Desa Palugon terletak di Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Unit usaha pupuk organik di BUMDes Palugon dikembangkan karena desa tersebut tersedia bahan baku pupuk organik, salah satunya adalah kotoran ternak. Bahkan, kotoran ternak tersedia berlimpah sepanjang tahun.

Masyarakat Palugon banyak yang memelihara ternak rumiansia dan unggas. Selama ini, kotoran dibuang begitu saja menjadi limbah. Unit usaha di BUMDes Palugon akan mengolah potensi itu menjadi produk pupuk organik yang akan dipergunakan para petani setempat.

Masyarakat Desa Palugon banyak yang membudidayakan komoditas cabai. Dengan ketinggian antara 800-1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), desa Palugon cocok untuk budidaya segala jenis cabai.

Kini masyarakat mulai merasakan akibat dari turunnya tingkat kesuburan tanah. Kualitas cabai yang dihasilkan juga tidak terlampau bagus disebabkan asupan pupuk kimia yang berlebihan.

Pada 2020, BUMDes Palugon mulai memproduksi pupuk organik dengan bahan-bahan yang tersedia di desa. Mereka menargetkan produksi pupuk organik mampu mencukupi kebutuhan petani hortikultura di Desa Palugon.

Bila masih persediaan masih tersisa, BUMDes akan mendistribusikan produk pupuk tersebut ke desa-desa sekitar. Berkat inovasi tersebut, Pemerintah Desa Palugon fokus mengembalikan komoditas cabai sebagai produk unggulan desa.

Pendekatan inovasi dan kreativitas yang dilakukan di desa terbukti membawa dampak positif bagi perbaikan tata kelola desa. Hal itu menjadi wujud dari Gerakan Desa Membangun untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Penulis : Mesa
Sumber : Kemendes PDTT

Baca Juga :  Berkat Inovasi BUMDes Karangrejek Kini Tak Lagi Kekeringan

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: