Desa

Desa Sadapaingan Jadi Desa Binaan Tim Penggerak PKK 

MediaDesa.idCIAMIS – Kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai cita cita bangsa indonesia. Sesuai amanat pasal 14 UU No.36 tahun 2009 tentang kesehatan, “pemerintah bertanggung jawab merencanakan, mengatur, menyelenggarakan membina, dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat”. Pada hari kamis tanggal 9 agustus 2018 Tim Penggerak PKK dari kabupaten Ciamis melakukan kegiatan Pembinaan Wilayah (Binwil) untuk berkesempatan menilai dan mengevaluasi PKK yang ada di Desa Sadapaingan Kecamatan Panawangan.

Kegiatan ini di adakan di dua tempat yang bertujuan untuk pengevaluasian dan melakukan pembinaan. Lokasi kegiatan itu di laksanakan di kantor desa Sadapaingan jam 09.00 kemudian di lanjutkan penilaian oleh TP PKK jam 13.00 dusun Bojongsari yang menjadi pusat penilaian di desa Sadapaingan diantara yang dinilai seperti rumah kampung KB dan Posdaya.
Tujuan di adakannya Binwil ini untuk melihat, membina mengevaluasi masyarakat di masing-masing daerah, ini merupakan program taunan dari 2013. Pembinaan ini mencangkup ketua PKK,sekertaris bendahara, dan Kelompok Kerja (Pokja) 1-4 , diantara tugas dang fungsi dari keempat pokja diatas adalah pengelolaan program penghayatan dan pengamalan pancasila dan gantung royang, mengelola program pendidikan, dan keterampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi, mengelola program-program sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga serta engelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup fan perencanaan sehat.
Peserta terdiri dari 18 desa Se-Kecamatan Panawangan dan TP PKK terdiri dari pembina Panawangan.
Kepala Desa Sadapaingan, H. Oyo, mengatakan dalam sambutannya “pembinaan wilayah yang dilaksanakan di desa ini merupakan salah satu program dari PKK yang dilakukan TP PKK Kabupaten dalam rangka membina PKK tingkat desa dengan metode diskusi yang dibagi-bagi lagi perkelompok sesuai dengan PKK dusun-dusun yang ada, dan juga alhamdulillah binwil kali ini bisa dilaksanakan di desa sadapaingan karena menurut data bahwa desa sadapaingan berpotensi sebagai objek binaan untuk meningkatkan pengetahuan yang nantinya menjadi representasi pemberdayaan terhadap keluarga tingkat rusun. Dan sebelum pada hari H-nya dilakukan juga penyuluhan terlebih dahulu dari puskesmas sebagai instrumen penilaian. Juga diadakannya penyuluhan ini sebagai bentuk motivasi bahwa kesehatan itu dijaga bukan atas dasar kepribadian tetapi juga faktor lingkungan dsb, karena menjadi acuan prinsip kampung berseka adalah upaya menyelamatkannya, selain itu juga program dari desa terhadap masyarakat adalah pemasangan atau pembuatan safetitank untuk disetiap rumah-rumah yang ada didesa dan pada capaian nya pemasangan ini baru dilakukan melihat secara keseluruhan baru 88% dari target 100. Ditunjang dengan adanya kampung KB, lembur berseka dan program posdaya bisa terus mendorong dari target yang akan dicapai. Tidak lupa juga satu bentuk pengharapan dari kami ( pihak desa ) terhadap anak-anak mahasiswa/i yang sedang KKN bisa turut serta membantu dan melanjutkan program posdaya untuk desa itu yang telah dibentuk oleh kelompok KKN yang sebelumnya”. (Miftah)
Baca Juga  TA Pemberdayaan Masyarakat Pijay Gelar Rakor Realisasi Dana Desa
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close