Wisata

Desa Sindurejo Bangun Akses ke Pantai Ngudel

MALANG – Pantai Ngudel mulai menjadi primadona destinasi wisata pantai di Kabupaten Malang. Popularitas Pantai Ngudel merupakan hasil kerja keras Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Sindurejo yang membangun akses jalan ke lokasi wisata.

Pantai Ngudel terletak di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Awalnya, Pantai Ngudel tidak dilirik oleh masyarakat setempat meski lokasi ini memiliki potensi yang bagus. Masyarakat beranggapan Pantai Ngudel hanyalah pantai biasa, terlebih akses jalan menuju ke lokasi lumayan sulit untuk dilewati oleh kendaraan.

Pada 2013, Pemerintah Desa Sindurejo membuka akses destinasi ini untuk publik. Pemerintah Desa Sindurejo membangun infrastruktur jalan menuju lokasi tempat wisata. Hal ini membuat masyarakat mulai antusias untuk membangun Pantai Ngudel sebagai wisata unggulan di Kabupaten Malang.

Ide pembukaan pantai Ngudel lahir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Sindurejo. Program pengembangan wisata masuk dalam Dokumen Rencana Pembangunan Menengah Desa (RPJMDes) Desa Sindurejo 2013-2019. Pemerintah Desa membentuk Tim Pelaksana Kegiatan yang diberi nama Warna Jati Agung Desa Sindurejo.

Tim bertugas merencanakan kegiatan, pembagian tugas, mengkoordinir dan memanatau pelaksanaan proyek Pantai Wisata. Mereka juga menjalin kerja sama dengan Perhutani. Hasilnya, pada 2015 Pantai Ngudel resmi dibuka untuk umum. Masyarakat DDesa Sindurejo mendapat izin membuka lapak di sekitaran pantai dan difasilitasi oleh Pemerintah Desa.

Kini, keberadaan Pantai NGudel mampu meningkatkan pendapatan, perekonomian, dan taraf hidup masyarakat Desa Sindurejo. Pemerintah Desa terus membangun tata kelola objel wisata dan meningkatkan keasrian Pantai Ngudel.

Penulis : Tim Inovasi Desa
Kemendes PDTT

Baca Juga :  Zona Integritas Bebas Korupsi Jangan Jadi Jargon Saja

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: