Wisata

Di Lombok, Ada Pantai Mirip Kura-kura

Lombok Timur – Di Lombok ada pantai yang masih jarag terjamah oleh wisatawan, salah satunya adalah pantai yang terletak di Dusun Sungkun, Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Meski tak sepopuler Pantai Kuta, Pantai Senggigi dan Tanjung Ann, Pantai Kura-kura punya daya tarik tersendiri.

Keunikan dari pantai ini yaitu letaknya yang tersembunyi, diapit oleh dua bukit yang tinggi menjulang. Selain itu, pantai ini juga memiliki gili (pulau kecil) yang bentuknya mirip dengan kura-kura. Karena itulah warga setempat menamakannya Pantai Kura-kura.

Desa Ekas Buana yang berada di bagian selatan Kabupaten Lombok Timur ini memang sangat kaya akan potensi alamnya terutama wisata pantai. Oleh karena itu, pemerintah desa setempat sudah mulai melakukan pembangunan fasilitas-fasilitas di pantai-pantai Desa Ekas Buana.

Menurut Kepala Desa setempat tahun sebelumnya belum banyak fasilitas hanya semak belukar, tapi karena wilayahnya indah sekali jadi sering dikunjungi oleh masyarakat walaupun waktu itu belum ada fasilitas.

Desa Ekas Buana yang merupakan pemekaran dari Desa Pemongkong memang harus berjuang lebih keras untuk menuju desa berkembang. Saat ini, kondisi perekonomian warga desanya rata-rata bergantung pada hasil laut dan pertanian jagung.

Nursandi mengatakan tahun ini ekosistem pariwisata di Desa Ekas Buana tengah dibangun oleh pemerintah desa melalui dana desa yang diterima. Selain itu, pengelolaan pariwisata pantai yang memiliki potensi besar ini nantinya juga akan dikelola sebagai unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Nantinya akan dikelola oleh BUMDes, ada beberapa fasilitas yang sudah dibuat di sini, dan akan jadi unit usaha dari BUMDes dan perencanaan infrastrukturnya sudah dimulai pada tahun 2019 dan ke depannya akan dikelola oleh BUMDes.

Baca Juga  Sapu Bersih Sungai Ciwulan di Hari Air

Tak hanya di sektor wisata, Desa Ekas Buana juga mengalokasikan dana desa yang mereka terima untuk peminjaman modal usaha-usaha yang dimiliki masyarakat desa. Seperti usaha rumput laut, pertanian jagung, serta usaha-usaha lainnya. Semua kegiatan peminjaman modal itu pun dikelola oleh masyarakat yang tegabung dalam BUMDes.

Saat ini, fasilitas-fasilitas yang telah dibangun oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat untuk kegiatan pariwisata Pantai Kura-kura antara lain baruga, lapak, toilet, serta musala. Namun, fasilitas-fasilitas tersebut masih harus mendapat polesan dan perbaikan-perbaikan agar berfungsi sepenuhnya.

Penulis : Mesa

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close