Desa

Di Tasik, Putri Cawapres, KH. Ma’ruf Amin Hadiri Kemah Bakti Desa Inklusi

TASIKMALAYA,- Putri Calon Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, Dr. Hj. Siti Nurazizah Ma’ruf menghadiri Kemah Bakti Desa Inklusi yang digelar Forum Peduli Persatuan Perangkat Desa Indonesia (Forum Peduli PPDI) Kabupaten Tasikmalaya di Desa Sirnaputra Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu, 29 September 2018.

Azizah hadir sebagai Kasubdit Bina Faham Keagamaan Islam dan Konflik Sosial Kementrian Agama Republik Indonesia yang konsen dengan konsep inklusinya yang dalam Islam diistilahkan dengan moderasi.

Menurut Azizah, peran dan fungsi perangkat desa dalam pemerintahan sangat strategis. Meski dianggap kecil, namun bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Faham keagamaan Islam di Tasik sangat beragam. Dengan peran strategis perangkat desa, konsep inklusi ini bisa dijalankan,” ujarnya.

Azizah yang juga putri ke-4 Kiai Ma’ruf ini menegaskan bahwa konsep inklusi adalah embrio dari toleransi. Manusia bisa hidup berdampingan tanpa mempersoalkan perbedaan kalau paham konsep inklusi.

“Perbedaan etnis, suku, ras dan agama bisa hidup saling berdampingan satu sama lain tanpa pernah mempersoalkan perbedaan kalau semua masyarakat memahami. Dan perangkat desa jadi jembatannya,” kata Azizah.

Meski demikian, Azizah pun mengakui literasi inklusi ini masih lemah ditengah masyarakat karena minimnya ifrastruktur penunjang. (Imam Waridin)

Baca Juga  Ditahan Jaksa, Warga Desa Simpang Kompak Doakan Kuwu Gatot
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close