Ragam

Dibalik Bencana, Cipatujah Simpan Misteri Candi

TASIKMALAYA – Dibalik tragedi Bencana Alam yang menimpa Cipatujah, ternyata menyimpan sejumlah misteri. Laut Cipatujah yang berbatasan dengan Samudera Hindia itu menyimpan misteri belum terungkap.

Meski belum dibuktikan secara ilmiah, masyarakat Cipatujah mempercayai keberadaan candi bawah laut. Candi itupun sempat digegerkan masyarakat Bali namun ketika diteliti hanya candi buatan.

Dan katanya, masyarakat Bali juga tahu ada peninggalan peradaban purba bawah laut, pra es bumi mencair. Sehingga untuk membuktikan imajinasinya Bali meklaim di pantainya terdapat Candi.

“Padahal salah besar. Candi itu ada didasar laut Cipatujah Tasikmalaya Jawa Barat. Bukan Bali,” kata Bah Jojo (60) beberapa waktu lalu.

Candi itu pun, ujar Bah Jojo, berada di 500 mil dari pantai dan bukan candi “ghaib” atau istana yang dikenal tempat bersemayam Kanjeng Ratu Kidul, tetapi candi asli sisa peradaban manusia.

“Percaya atau tidak, silakan. Yang jelas butuh keyakinan membuktikan hal itu,” ucapnya.

Menurut Bah Jojo, sejarah benua yang hilang sebenarnya Nusantara. Jika negara menemukan candi tersebut akan meyakinkan referensi sejarah baru bahwa peradaban manusia memang Indonesia.

“Nusantara dulu satu daratan dilempeng Asia sehingga dipastikan Sumatera, Jawa dan Bali satu daratan. Makanya rasional kalau ada candi,” tuturnya.

Bah Jojo juga menyampaikan seiring perubahan alam, candi tenggelam ketika jaman es mencair.

“Orang selalu memandang kinian, mengenai pantai selatan diakui berbeda. Padahal yang dinamai pantai selatan terbentang dari pantai ujung kulon banten, pelabuan ratu sukabumi, rancabuaya garut atau cianjur, pameungpeuk dan sancang garut, serta cipatujah cikalong dan pangandaran. Dulunya satu daratan,” tuturnya. (Mesa)

Baca Juga  IPNU-IPPNU Sariwangi Gelorakan Syiar Dakwah Lewat Festival Ramadhan
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close