Peristiwa

Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Tersapu Longsor

TASIKMALAYA – Hujan yang mengguyur deras di Kabupaten Tasikmalaya, tepatnya di Kp. Ciliwat Dusun Mertajaya Desa Parungponteng mengakibatkan tanah longsor.

Akibat kejadian tersebut, rumah warga rubuh sebagian terbawa longsor. Diperkirakan terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, 12 Oktober 2020, selepas fajar.

Menurut informasi warga yang berdampingan rumahnya, sang pemilik rumah teriak seketika karena kaget mendengar suara retakan bangunan.

” saya mendengar teriakan Ibu Oneng, pemilik rumah minta tolong, sebagiam bangunan rumahnya terbawa longsor!” kata Rohilah. (12/10/2020).

BPD Desa Parungponteng menyarankan agar penghuni jangan dulu menempati rumah sampai kondisinya aman.

” rumah harus segera dikosongkan karena dasar tanah sudah kosong tinggal bangunan rumah saja yang berdiri di tebing” Ujar Ono Muhadin.

Di pagi harinya, staf desa terjun ke lokasi memantau situasi. Dan ia mengajak warga sekitar untuk bantu membahu barang-barang yang masih bisa diselamatkan.

” untuk sementara kita ungsikan Ibu Oneng, khawatir terjadi kejadian yang tidak diinginkan” jelas Zaenal Aripin, yang menjabat Kasi Kesra di Desa Parungponteng.

Kerugian yang diderita, lanjut Zaenal menerangkan, ditaksir sekitar 25 juta karena sepotong rumah terbawa longsor dan kandang sapi milik warga juga ikut terbawa longsor.

Selain itu, area persawahan milik warga juga tertutup oleh tanah.

” Hujan lebat yang mengguyur semalaman juga menjadikan ladang warga tidak bisa produktif untuk sementara, meskipun ada kerugian materi alhamdulillah kejadian ini tidak memakan korban” Tutup Zaenal Aripin.

(Yusuf Anwar)

Baca Juga :  Komunitas Payungi Tasik Adakan Gerakan Pembagian 1000 Masker

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: