Pertanian

Dinas Pertanian Daerah Minta Tambahan Pupuk Ke Pusat

PONOROGO – Dinas Pertanian kabupaten-kota di Provinsi Jawa Timur saat ini berama-ramai mengirimkan surat ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur. Surat yang dikirimkan adalah permohonan penambahan alokasi pupuk bersubsidi tahun 2020. Tak terkecuali Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ponorogo.

Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo berharap melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur dan Gubernur jawa Timur dapat menyampaikan kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian untuk memberikan tambahan alokasi pupuk lagi.

loading...

Karena dengan alokasi pupuk yang dipangkas hingga 55,80 persen di kabupaten Ponorogo menimbulkan kepanikan dan dikhawatirkan menyulut kemarahan petani. Ini karena saat ini adalah tiba waktunya musim tanam dimana kebutuhan pupuk cukup besar dan tidak bisa ditunda atau ditawar lagi dan mendesak.  Karena jika terlambat maka kerugian yang menghantu petani sudah didepan mata, termsasuk gagal panen.

Untuk itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ponorogo Andi susetyo sementara ini meminta kepada petani untuk membeli pupuk non-subsidi dan menggunakan pupuk organik untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu pihaknya berjanji  berusaha meminta tambahan kuota pupuk lagi ke Kementerian Pertanian.

“Iya meskipun demikian kami berusaha untuk menambah lagi ini. Pertama kami sudah lapor bupati, kedua kami sudah lapor dinas pertanian dan ketahanan provinsi Jatim untuk minta tambah alokasi, dan dalam sistem tata niaga ada mekanisme cadangannya biasanya termasuk pupuk subsidi ini,” ungkap Andik, Selasa (28/1/2020) dikutip dari RRI.

Andik  meyakini sesuai dengan  tata niaga ada cadangan 10 persen alokasi pupuk subsidi nasional, sehingga melalui  Gubernur Jawa Timur ia berharap permintaan dapat dikabulkan, mengingat Jawa timur merupakan salah satu lumbung padi nasional.

“Dinas Provinsi nampaknya sudah melangkah melalui Ibu Gubernur dan sudah mengirim surat ke Kementerian Pertanian. Kita tunggu memang pemangkasan ini tergolong sangat-sangat besar, semoga bisa dikanulkan, ” paparnya.

Baca Juga :  Teknik Perawatan Hidroponik yang Baik

Diinformasikan sebelumnya, saat ini seluruh petani dan dinas pertanian di indonesia dibuat cemas  terkait adanya kebijakan baru dari dinas pertanian yang tiba-tiba memangkas 48 persen pupuk subsidi secara rata-rata nasional dan 55,80 persen untuk ponorogo. Dan gejolak di masyarakat pun saat ini mulai terasa.

Penulis : Mesa
Sumber : RRI

Loading...
Close
Close