Ragam

DLHK, Komunitas Pijay Gleeh & Ormas Bersihkan Sampah di Keude Jangka Buya

PIDIE JAYA – Aksi pungut sampah dan Sosialisasi penyadaran masyarakat terkait kebersihan lingkungan kembali dilakukan oleh komunitas Pijay Gleeh di Kecamatan Jangka Buya Kabupaten Pidie Jaya, Minggu 16 Februari 2020.

Aksi kali ini melibatkan unsur TNI Koramil Jangka Buya, organisasi Masyarakat dan kepemudaan yang ada di Kabupaten Pidie Jaya, kegiatan ini di ikuti oleh seratusan masyarakat keude jangka buya dan relawan dari berbagai organisasi yang ada di kabupaten Pidie Jaya, seperti Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), MRI Pidie Jaya, IKAN, Barisan Muda Ikan dan PMI Pidie Jaya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kabupaten Pidie Jaya Syukri Itam, S.Pd mengatakan, kegiatan gotong royong di Kecamatan Jangka Buya yang dilakukan oleh Pijay Gleeh dan DLHK, merupakan bentuk kegiatan rutin yang dilakukan dua kali dalam sebulan, ini merupakan tugas mulia dari komunitas Pijay Gleeh untuk memberdayakan masyarakat dalam membangkitkan kembali semangat bergotong royong sebagai budaya kita yang hampir terlupakan, katanya.

Ini sebenarnya tugas DLHK sebagai unsur Pemkab, namun ini sulit dilakukan secara optimal tanpa adanya dukungan dari Komunitas dan unsur LSM lainya serta Masyarakat, kata Kadis DLHK Pijay.

“Yang kita lakukan hari Ini sesuai dengan Visi Misi Bupati Pidie Jaya Meuato Ibadat, Meuato Bak Hareukat, Gleeh dan Sehat, Donya Akhirat Beu Seujahtra” kata dia.

Bupati Pidie Jaya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan komunitas pijay gleeh, sebagai bentuk dukungannya Bupati telah menginstruksikan DLHK Pidie Jaya untuk mengerahkan alat angkut seperti truk sampah, truk container dan becak viar, jika dibutuhkan pihaknya juga mengirimkan alat berat berupa escavator, kata syukri.

Harapan Bupati Pidie Jaya semoga kegiatan ini terus dipertahankan untuk menghidup kembali budaya gotong royong dilingkungan masyarakat kita, cetusnya.

Baca Juga :  Bupati Jeje Sediakan Bus Untuk Penumpang KA Pangandaran

Sementara itu Camat Jangka Buya Zulkifli S.Sos, mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya, terutama sekali kepada Komunitas Pijay Gleeh yang telah meciptakan program kebersihan dan penyadaran terhadap masyarakat terkait dengan kebersihan lingkungan di Kabupaten Pidie Jaya.

Camat Jangka Buya juga mengapresiasi atas keterlibatan beberapa Ormas yang ikut terlibat langsung bersama masyarakat keude jangka buya pada aksi kali ini, ini luar biasa sekali, partisipasi masyarakatnya juga sangat tinggi, kata dia.

Kita sangat mendukung apa yang sudah dilakukan oleh Komunitas Pijay Gleeh, ini sangat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, imbuhnya.

Dikatakannya, Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan dengan masyarakat Kecamatan Jangka Buya untuk kedepannya, agar masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan, terutama sekali disekitar kita.

Tahun ini Kecamatan Jangka Buya ditetapkan sebagai tuan rumah MTQ Kabupaten Pidie Jaya, saya berharap masyarakat mau menjaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan, agar kecamatan kita terlihat bersih dan asri, katanya.

Camat Jangka Buya juga menghimabu kepada pemilik toko di keude jangka buya agar jangan bejualan diluar toko, birem jalan jangan dipakai untuk pribadi, mari sama-sama kita menjaga agar keude jangka buya terlihat indah dan rapi, setiap toko harus ada tong sampah dan buanglah sampah pada tempatnya, tidak ada lagi sampah berserakan, pungkasnya.

Ketua Komunitas Pijay Gleeh Fazli Husin, S.H.I, S.Pdi mengungkapkan, aksi yang kita lakukan hari ini melibatkan banyak ormas yang ada di kabupaten pidie jaya, kita patut berbangga hati karena teman-teman ikut terjun langsung bersama masyarakat untuk membersihkan sampah di Kecamatan Jangka Buya.

“Ini bentuk kepedulian dan tanggung jawab moral teman-teman dari berbagai ormas yang ada di Pidie Jaya,” kata Fazli.

Baca Juga :  Sambut Hari Santri Nasional, Clean The City dan FBTI Adakan Kirab Kebhinnekaan dan Aksi Bersih-Bersih

Kegiatan seperti ini akan terus kita galakkan di Kabupaten Pidie Jaya untuk memberikan penyadaran ke Masyarakat sampai masyarakat kita benar-benar sadar akan kebersihan lingkungan sekitar, ujarnya.

Persoalan sampah bukan hanya tanggung jawab DLHK, Komunitas Pijay Gleeh dan relawan akan tetapi ini merupakan tanggung jawab kita semua, mari sama-sama kita jaga lingkungan kita agar terlihat bersih dan rapi, pungkasnya. (Mesa)

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: