Opini

Fakta Tentang Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh : Khatibul umam (Mahasiswa Pascasarjana MPI IAIC)

Menyikapi pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan bahwa pendidikan di Indonesia hari ini berjalan melalui pendidikan online. Dari beberapa artikel yang saya baca mengenai dampak pandemi terhadap dunia pendidikan, di situ telah menjelaskan bahwa dampaknya telah merambah ke dunia pendidikan, melalui pemerintah pusat hingga pemerintah daerah sudah memberikan kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah meluasnya penularan virus corona.

Berdasarkan data yang diperoleh dari UNESCO saat ini ada total 39 negara yang menerapkan penutupan sekolah dengan jumlah pelajar yang terpengaruh mencapai 421.388.462 juta anak. Sejauh ini Cina memiliki jumlah pelajar yang paling banyak terpengaruh oleh virus Corona yaitu sekitar lebih dari 233 juta siswa. Beberapa negara seperti Afrika, Asia, Eropa, Timur Tengah, Amerika Utara dan Amerika Selatan pun telah mengumumkan atau menerapkan pembatasan pembelajaran sekolah dan universitas.

Disini dapat disimpulkan bahwa keadaan ini telah menyebabkan gangguan proses pembelajaran namun dengan adanya pandemi corona ini setiap bangsa dituntut untuk menjadi lebih maju lagi melalui teknologi salah satunya Indonesia. Saat ini di Indonesia beberapa kampus mulai menerapkan kebijakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau kuliah online. Ini berlaku juga bagi sekolah-sekolah seperti SMA SMK SMP SD dll.

Dan hari ini ada beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru diantaranya sumber belajar kelas digital, laboratorium, maya dan bank soal. Berdasarkan informasi bahwa Kemendikbud pun turut menggandeng 7 platform belajar online yakni Kelas Pintar, Sekolahmu, Zenius, Quipper, Google Indonesia dan Microsoft. Setiap platform akan memberikan fasilitas yang dapat diakses secara umum dan gratis.

Baca Juga :  Menguatkan Mitigasi Bencana Kesehatan di Kabupaten Tasikmalaya

Pandemi corona ini memang sebuah ujian yang berat bagi seluruh bangsa, menguji kemampuan semua bangsa untuk dapat mengambil hikmah dengan terus berupaya dan berikhtiar mencari solusi pada setiap masalah yang ada.

Maka dari beberapa referensi yang telah saya baca bahwa ada dua pendapat menurut saya mengenai dampak pandemi corona terhadap dunia pendidikan saat ini, yaitu pertama dari sisi positifnya dengan adanya pendidikan melalui internet ini, bangsa Indonesia bisa menjadi lebih cepat dalam memahami teknologi khususnya generasi muda saat ini di era revolusi industri 4.0. Kedua dari sisi negatifnya anak menjadi kesulitan dalam memahami proses belajar mengajar melalui online kemudian anak merasa jenuh dan mudah stres karena tugas yang diberikan terlalu banyak sedangkan pemahaman anak terhadap materi masih belum paham karena sering terjadinya miskomunikasi antara anak kepada orang tua dan orang tua kepada guru.

Maka dengan keadaan yang seperti saat ini Indonesia dituntut untuk menjadi lebih paham lagi mengenai teknologi, dengan pendidikan melewati online ini dapat melatih anak untuk mau tidak mau belajar mandiri, bisa mendekatkan antara orang tua dan anak, maka nantinya orang tua akan dituntut untuk menjadi lebih bijak lagi dalam pengawasan penggunaan internet terhadap anak dan guru-guru pun akan menjadi lebih aktif lagi untuk mencari ide-ide dalam hal menyampaikan ilmu yang bisa diterima oleh peserta didiknya.

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: