BUMDes

Gaet Kaum Muda BUMDes Beji Kelola Cafe

KOTA BATU – Pemerintah Desa Beji membuat Warung Kopi Sembada di Balai Desa Beji. Warung ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat nongkrong para pemuda, namun juga menjadi lumbung pendapatan asli desa (PADes). Warung Kopi Sembada ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Beji.

Desa Beji terletak di Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Wilayah Desa Beji merupakan dataran tinggi dan dilewati jalan utama menuju Kota Batu. Desa Beji terdiri dari tiga dusun yaitu Dusun Krajan Sae, Jamberejo, dan Karang Jambe. Jarak Desa Beji dengan Kecamatan Junrejo adalah 3 Km, sementara dengan Pemerintah Kota Batu sejauh 6 Km.

Kondisi Desa Beji sudah mengarah ke nuansa perkotaan karena penduduknya banyak yang berjualan di pusat kota. Sebagian warga memiliki trandisi nongkrong di warung kopi untuk berbincang santai dan melepas lelah setelah seharian bekerja. Melihat situasi tersebut, Pemerintah Desa Beji berinovasi untuk mendirikan warung kopi di Balai Desa.

Sembada merupakan akronim dari Sentra Ekonomi Masyarakat dan Balai Pemuda. Gagasan warung kopi merupakan aspirasi para pemuda desa. Selain tempat jualan, warung kopi menjadi ruang berkumpulnya para pemuda. Dari kumpul di warung ini, harapannya muncul ide kreatif. Warung kopi menjadi ruang publik untuk berbagi gagasan dan informasi para warga.

Sembada didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan pengelolaan yang profesional dan akuntabel oleh pemuda Desa Beji. Sembada juga menjadi ruang untuk menumbuhkan sosial enterprenship warga Besa Beji secara menyeluruh.

Warung Kopi ini berada satu komplek dengan Balai Desa Beji di Jalan Ir Soekarno Nomor 73. Kopi merupakan salah satu produk olahan yang dikelola oleh BUMDes Desa Beji. Selain kopi, BUMDes Beji juga mengembangkan produk Pia Tempe, Stik sayur, dan Keripik Tempe.

Baca Juga :  Meski Pandemi Desa Sendang Tetap Layani Warga

Lewat Warung Sembada, Pemerintah Desa Beji berharap padar wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu bisa mampir dan merasakan produk kopi olahan BUMDes.

Selain unit usaha jasa dan perdagangan, beberapa produk jasa sudah bermitra dengan BUMDes Beji, seperti BRI untuk PPOB serta masih banyak produk jasa mulai catering sampai wisata yang pusat pemasarannya.

Penulis : Mesa
Sumber : Kemendes PDTT

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: