©mediadesa.id
(0265) 7521140 mediadesa.id@gmail.com
Rabu, Juni 26, 2019
NasionalOpini

Gagal Paham Nilai-nilai Pancasila

MediaDesa.id – Pancasila yang terdiri atas lima sila pada hakikatnya merupakan sistem filsafat. Yang dimaksu dengan sistem adalah suatu kesatuan atau bagian yang saling berhubungan. Jika sila-sila dalam Pancasila tidak berhubungan maka akan terpecah pecah, oleh karena itu tidak bisa digunakan sebagai asas kerohanian bagi negara.

Tetapi miris ketika ada orang yang berbicara saya pancasila tapi tidak mengerti apa itu pancasila sebenarnya. Sila pertama adalah ketuhanan yang maha esa. Nilai ini meliputi dan menjiwai keempat sila lainnya, bahwa negara yang didirikan sebagai pengejawantahan tujuan manusia sebagai makhluk tuhan yang maha esa. Oleh karena itu segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penyelenggaraan negara bahkan yang berurusan dengan moral negara, moral penyelenggara negara, politik negara, pemerintahan negara, hukum dan peraturan perundang undangan negara, kebebasan dan hak asasi warga negara harus dijiwai nilai-nilai ketuhanan yang maha esa ini.

Perubahan pola fikir masyarakat yand dulunya moderat sekarang sudah melangkah ke pemikiran yang jauh dari seharusnya, sehingga pancasila hanya dijadikan simbol saja, tantangan terberat untuk menjalankan sila pertama bukan datang dari masyarakat bawah tetapi para elit yang tidak mau pancasila ini menjadi moral bangsa ini.
Dalam kehidupan bernegara, harusnya senantiasa dilandasi oleh moral kemanusiaan antara lain dalam kehidupan pemerintahan negara, politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan serta dalam kehidupan keagamaan. Sekalipun terdapat suatu perbedaan karena hal itu merupakan suatu kodrat manusia untuk saling menjaga keharmonisan dalam kehidupan bersama. Pendidikan moral pancasila saat ini sangat penting dididik sejak usia dini, dan pedoman penghayatan pancasila itu penting supaya warga negara mengerti tentang apa itu pancasila, jika capaian ini tercipta, maka tidak akan adalagi perbedaan faham yang bergejolak berujung anarkis, (maaf) islam garis keras, karena nilai nilai pancasila dijabarkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta harmoni dalam kehidupan bermasyarakat. (Dian)

  • 8
    Shares
Baca Juga  Ini Dia Capres Pilihan Netizen

Tinggalkan Balasan