Politik

Hari Ini 11 TPS di Jakarta Laksanakan Pemungutan Suara Ulang

JAKARTA-Diduga ada kecurangan yang masif dan terstruktur ,11 TPS di DKI Jakarta hari ini Minggu (27/04/2019) melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU).

Berikut daftar TPS di Jakarta yang menggelar pemungutan suara ulang:

Jakarta Pusat

– TPS 02 Pasar Baru, Sawah Besar
– TPS 69 Sumur Besar, Kemayoran

Jakarta Timur

– TPS 18 Malasari, Duren Sawit
– TPS 101 Gedong, Pasar Rebo
– TPS 163 Pulo Gebang, Cakung
– TPS 34 Bambu Apus, Cipayung
– TPS 14 Cilangkap, Cipayung
– TPS 002 Cipinang, Pulo Gadung
– TPS 64 Rawamangun, Pulo Gadung
– TPS 116 Rawamangun, Pulo Gadung

Jakarta Utara

– TPS 172 Pademangan Barat, Pademangan.

Anggota Divisi Teknis KPU DKI Jakarta, Nurdin mengatakan, 11 TPS yang melaksanakan PSU ada di Jakarta Pusat tiga TPS, Jakarta Timur delapan TPS dan Jakarta Utara satu TPS.

“PSU dilaksanakan serentak di 11 TPS,” kata Nurdin, seperti dikutip Antara, saat ditemui Antara, Jumat (26/4/2019).

Dia mengatakan PSU ini dilaksanakan sesuai dengan rekomendasi Bawaslu yang diterima secara resmi oleh KPU DKI Jakarta, Kamis (25/4) malam. Nurdin menyebut, pelaksanaan PSU digelar hari ini karena merupakan batas akhir melakukan pemungutan suara ulang sebagaimana diatur dalam PKPU yakni 10 hari setelah pemungutan suara.

Nurdin mengatakan ada beberapa penyebab PSU dilakukan yakni ada beberapa pemilih ber-KTP elektronik di luar DKI Jakarta tidak terdaftar di DPT dan DPTb tetapi menyalurkan hak pilihnya tanpa menggunakan formulir A5. Hal tersebut terjadi di beberapa TPS di wilayah Jakarta Timur. Penyebab lainnya, ada petugas KPPS yang meminta pemilih menandatangi surat suaranya, ini terjadi di TPS Pulo Gebang.

Baca Juga :  Warga Laporkan Dugaan Politik Uang Partai Gerindra Dapil 7

Sementara itu Anggota KPU DKI Jakarta lainnya, Partono Samino mengatakan ada tiga TPS di wilayah Rawamangun, Jakarta Timur yang pelanggarannya dilakukan oleh pengawas pemilu, yakni TPS 116, 64 dan 02 di Cipinang.

Ia menjelaskan, pada saat hari pencoblosan petugas KPPS sudah melarang pemilih ber-KTP elektronik untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Tapi pengawas memperbolehkan. Petugas pengawas itu kena ‘hoaks’ dari sosial media kalau Putusan MK memperbolehkan. Bahkan pengawasan itu siap jadi jaminan,” kata Partono.

Partono mengatakan KPU DKI Jakarta telah melakukan berbagai persiapan PSU di 11 TPS seperti distribusi surat suara, dan logistik lainnya. Formulir C6 juga sudah disebar kepada pemilih. Petugas KPPS yang akan melaksanakan PSU adalah petugas yang baru direkrut oleh KPU beberapa hari lalu.

“PSU ini dilaksanakan sesuai rekomendasi Bawaslu, agar tidak terjadi polemik,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: