Khawatir dengan Bahaya HOAX, PMII STIMIK Gelar Webinar Cyber Society

oleh -

TASIKMALAYA,- Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Tasikmalaya menyelenggarakan Webinar Cyber Society, Bahaya CyberCrime Dan Antisipasi HOAX secara dalam jaringan(online) pada Jumat, (23/04/2021).

Kegiatan ini dilakukan secara daring karena adanya adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak sosial. Selain itu pemanfaatan media digital di era 4.0 mengharuskan setiap bidang menggunakan digitalisasi, termasuk seminar atau pelatihan yang biasanya di lakukan tatap muka.

Beberapa narasumber ikut mengisi dalam kegiatan webinar ini, diantaranya Diskominfo Kota Tasikmlaya, Dosen STMIK Tasikmlaya, Satreskrim Tasikmalaya dan DPC Peradi Tasikmalaya.

Ketua PK PMII STMIK Tasikmalaya Barirosdi mengatakan, kegiatan ini mengambil tema Pemerintah Hebat Masyarakat Cerdas Dan Bijak, menurut Bari di zaman serba canggih berbagai informasi dapat mudah diakses, kondisi tersebut dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi demi kepentingan tertentu.

Lebih lanjut, menurutnya mahasiswa jangan hanya disibukan perkuliahan semata, melainkan harus ikut berperan dalam pencegahan penyebaran hoax, terlebih mahasiswa IT harus lebih memahami dan mampu mngidentifikasi serta mensosialisasikan kepada masyarakat awam tentang bahayanya berita HOAX.

“Ada ribuan berita Hoax yang tiap harinya membodohi publik, bahwa kegiatan ini salah satu upaya menuju Tasikmalaya Smart City sebagaimana dalam tema. Masyarakat harus cerdas dalam memilah dan memilih informasi,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Diskominfo Kota Tasikmalaya Budi Hermawan menyampaikan bahwa Penyelenggaraan webinar ini sangat baik karena didasari pada krisis mental yang terlihat dari maraknya penyebaran HOAX, sehingga dengan adanya webinar ini diharapkan mampu menyadarkan masyarakat agar jangan terjebak dengan HOAX dan harus mampu menganalisa setiap informasi yang didapat.

Baca Juga :  PMII Politeknik Triguna Beri Kriteria untuk Jadi Ketua Cabang

“Diharapkan kedepannya peserta yang mengikuti webinar ini bisa menjadi agen untuk memfilter penyebaran HOAX, dan ikut berpartisipasi untuk mencerdaskan serta bijak dalam penggunaan gadet atau aplikasi online,” tuturnya.

Dani Ropadi, S.Kom M.Kom salah satu narasumber dari STMIK Tasikmalaya menaggapi kegiatan yang di selenggarakan PK PMII STMIK Tasikmalaya, menurutnya Anggota PMII STMIK Tasikmalaya dapat membuktikan prestasinya yang baik serta aktif dalam kegiatan-kegiatan yang menghasilkan manfaat bagi orang banyak untuk menambah wawasan keilmuan dan pengalaman yang berharga untuk bekal hidupnya.

“Dengan adanya kegiatan-kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat tentunya pihak kampus sangat mendukung dan mengapresiasinya,” ujarnyanya.

Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota Iptu Ridwan Budiarta. SH mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya walaupun situasi masa pandemi yang seolah membatasi ruang gerak sosial masyarakat, tetapi para kader tetap bisa eksis dengan memanfaatkan media elektronik untuk kegiatan-kegiatan positif.

“Tetap semangat dan teruslah menjadi generasi muda yang kritis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan segala kreasi dan inovasi yang dapat mengedukasi masyarakat, Khususnya kota tasikmalaya,” pungkasnya,

Berikan komentar