Hiu Tutul Terdampar di Pantai Cimanuk, Pertanda Apa?

oleh -

TASIKMALAYA – Warga yang berada di Cikalong Kabupaten Tasikmalaya dihebohkan dengan penemuan ikan hiu tutul yang terdampar dengan kondisi sudah mati. Sebelumnya hiu dengan bobot mencapai empat ton sempat coba diselamatkan warga namun gagal.

Ikan yang mempunyai nama latin Rhincodon Typus tersebut pertama kali ditemukan seorang nelayan yang hendak memancing. Hiu tutul itu diduga terseret gelombang besar hingga tersangkut di batu karang.

“Saya nemu ikan kebawa arus kemudian mau ditolong tapi kurang orang hanya lima orang di sini. Jadi mati tutulnya nyangkut di karang,” kata Bugeul, Nelayan setempat, Rabu (3/3/2021). mengutip dari detik. com

Pihak pemerintah setempat melalui perangkat Desa Cimanuk Kecamatan Cikalong diwakili oleh Agus Salim, membenarkan upaya evakuasi Hiu saat masih hidup. Namun, karena keterbatasan alat dan tenaga akhirnya hiu tersebut mati.

“Warga ini yang menemukan coba evakuasi hiu tapi akhirnya gagal karena berat. Enggak ada alat. Sekarang jadi tontonan akhirnya,” ucap Agus Salim.

Ketua Nelayan Cimanuk Jajang Rahmat mengatakan hiu tutul terdampar di pinggir pantai karena beberapa faktor. Selain faktor cuaca, bisa juga terdampar akibat terjaring dan alami luka. Tetapi ikan hiu yang sekarang tidak terdapat luka kemungkinan akibat faktor gelombang dan cuaca.

“Akan tetapi ikan hiu tutul yang terdampar ini kondisinya mulus tidak ada luka. Jadi kemungkinan karena cuaca. Dan kita akan bertanya dulu ke Muspika dan Pol Airud, apakah ikan hiu tutul ini bisa dikonsumsi atau bagaimana,” ucap Jajang.

Hiu jenis tutul ini merupakan satwa langka yang dilindungi oleh undang-undang. Keberadaannya jadi tontonan warga sekitar. Karena menyebabkan kerumunan, warga terpaksa dibubarkan petugas yang datang ke lokasi.

“Benar ada penemuan Hiu tutul. Kami dan anggota kelokasi amankan lokasi supaya tidak terjadi kerumunan di sana. Saya bubarkan kerumunan bersama anggota untuk antisipasi penyebaran COVID-19. Biarkan Hiu tutul ini jadi wewenang yang berwajib,” ucap Iptu Roni Hartono, Kapolsek Cikalong.

Penulis : Mesa
Sumber : detik.com
Foto (dok) : Istimewa

Baca Juga :  Mensos Akan Tinjau Lokasi Bencana Cipatujah dan Culamega

Berikan komentar