Sosok

Ica Rodiatulloh Mahasiswi Pengabdi Desa

TASIKMALAYA – Masih menyandang status sebagai Mahasiswi di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Tasikmalaya tak menyurutkan langkah Ica Rodiatulloh untuk mengabdi di desa.

Ia berani memegang jabatan Kasi Kesra Desa Neglasari Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya yang tiap hari bergelut dengan isu-isu kemiskinan.

Terjun langsung kepelosok desa menjadi rutinitas, pasalnya mengetahui masyarakat miskin tidak hanya lewat meja. Ica harus melihat kondisi masyarakat dari dekat yang selanjutnya didata untuk dilaporkan ke pemerintah pusat.

“Turun langsung ke masyarakat lebih dekat dengan rakyat memiliki tantangan tersendiri. Apalagi kalau terjadi bencana, mau tidak mau harus tetap ke lapangan,” kata Ica.

Bagi Perempuan Kelahiran Tasikmalaya, 13 agustus 1995 ini, program yang sedang ia kerjakan menyangkut pembibitan ayam kampung. Melalui Program Kementerian Peternakan, Ica mengadvokasi Rumah Tangga Miskin (RTM) untuk beternak ayam. Mereka tinggal mau saja karena pembuatan kandang, pakan, vitamin dan faksin gratis dari pemerintah.

“Dari Kementerian Pertanian juga ada. RTM tadi dipandu menanam mangga, kacang-kacangan dan lain-lain. Kami hanya memberi bibit,” ujarnya.

Ica pun memuji pemerintahan karena banyak membantu masyarakat desa. Berbagai program dikucurkan seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). (Budi)

Baca Juga  Mengenal Sosok Agustiana (1) Lahir Sudah Dititipi DBR
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close