Opini

IKMAL Siap Menjaga Keperawanan Desa

MediaDesa.idPANGANDARAN – Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam IKMAL (Ikatan mahasiswa Langkaplancar) berinisiatif untuk mendedikasikan ilmu dan pengalamannya di desa sebagai tanggungjawab seorang pemuda dalam membawa perubahan sosial. Salah satu fokus gerak IKMAL adalah yg berkaitan dengan perdesaan.

Imam Farid, Ketua IKMAL berpendapat “Desa hari ini tidak lagi sama dengan desa yang dulu, terbitnya UU desa tahun 2014 menjadi awal terjadinya revolusi sistem tatakelola desa. Sehingga pemerintah pusat memberikan keleluasaan penuh pada desa untuk membangun rumah tangga nya masing-masing. Semua desa dituntut mampu membuat regulasi nya masing-masing sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada selama tidak bertentangan dengan UUD 45, ini artinya pemerintah pusat sedang mengajak lari orang’didesa untuk menyongsong hari esok yang lebih sejahtera.” saat dihubungi melalui Ponsel (24/06/2018).

Merespon hal demikian IKMAL mempunyai gagasan untuk membangun desa dengan beriktiar melakukan perbaikan di bidang data dan informasi desa. ” Hal ini dijadikan prioritas karena dinilai mampu mendongkrak kualitas SDM yang ada di desa.” lanjutnya.

loading...

Sebagai bentuk keseriusan dalam pengabdiannya, IKMAL bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) untuk mempresentasikan sistem tata kelola desa berbasis data dan informasi ke salah satu desa yang akan menjadi pilot project yaitu Desa Pangkalan Kecamatan Langkaplancar Kab. Pangandaran.

Gagasan IKMAL-pun mendapat respon positif dari Kepala Desa Pangkalan, Ukar Heryadi ” Kami menyambut baik gagasan tersebut dan akan di tindaklanjuti melalui musyawarah dengan perangkat desa” ujarnya. (Miftah Farid)

Baca Juga  Korupsi Kepala Daerah Dalam Dimensi Hukum dan Etis
Loading...

Tinggalkan Balasan

Cek juga

Close
error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close