©mediadesa.id
(0265) 7521140 mediadesa.id@gmail.com
Jumat, April 26, 2019
Desa

Indeks SPBE Masih Rendah, Sumedang Bentuk 30 Desa Digital

SUMEDANG– Karena indeks sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) masih rendah, Pemerintah Kabupaten Sumedang bakal membentuk 30 desa digital yang tersebar di enam kecamatan. Ada 30 desa yang akan dijadikan desa digital, di antaranya Desa Hariang, Karangbungur dan Mekarmukti di Kecamatan Buahdua. Selain itu, Desa Ungkal dan Padaasih di Kecamatan Conggeang. Desa Tanjungmulya, Boros dan Awilega di Kecamatan Tanjungkerta; Desa Sukatani, Jingkang, Kamal dan Tanjungmedar di Kecamatan Tanjungmedar.

“Desa yang melek internet di Kabupaten Sumedang hanya di bawah 10%. Melalui program desa digital inilah, kami berupaya untuk meningkatkan angka indeks SPBE. Dari angka Indeks SPBE Kabupaten Sumedang sekarang ini 2,5. Tahun ini ditargetkan naik menjadi 3,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman.

Pembentukan Desa digital itu dimulai dengan membangun sistem informasi desa dan situs web “Kami sudah menyiapkan aplikasinya. Bahkan saya sudah bekerja sama dengan Telkom untuk memasang jaringan wifi di 30 desa digital. Mudah-mudahan lancar, Mei nanti semua desa digital ini sudah online. Untuk perangkat lainnya, secara bertahap akan dilengkapi.

“Umumnya sekarang kan, setiap desa sudah punya komputer sendiri. Jadi, memanfaatkan sarana yang ada dulu,” tutur Herman.

Dalam sistem informasi desa, kata dia, semua perangkat desa termasuk para praja IPDN yang kini tengah praktek lapangan (PL) II, akan menghimpun, mengidentifikasi, sekaligus mengolah berbagai data tentang desanya masing-masing. Selanjutnya, data tersebut akan dimasukkan ke dalam situs web desa. “Data-datanya, dari mulai data geografis desa,demografi, kondisi sosial, budaya hingga kondisi perekonomian desa. Intinya, semua data terkait desa bersangkutan harus dimasukkan ke dalam situs web,” tuturnya.

Herman menjelaskan, situs web tersebut nantinya menjadi kumpulan data-data penting tentang desa. Kumpulan datanya, akan dijadikan dasar dalam merumuskan kebijakan pemerintahan desa. Hal itu termasuk upaya mengentaskan kemiskinan di masing-masing desa. Pemkab Sumedang akan terus memantau (dab)

  • 28
    Shares
Baca Juga  Karangtaruna Desa Rejasari Gelar Turnamen "ML"

Tinggalkan Balasan