Budaya

Inilah Pesan Perdamaian dari Situs Bojong Galuh Karangkamulyaan Ciamis

CIAMIS- Dipimpin Mantan Kapolda Jawa Barat Anton Charlian, sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh  adat, pemerintah dan unsur TNI-Polri di Kabupaten Ciamis mendeklarasikan perdamaian di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Senin (9/9/2019).

Anton yang juga penggagas pembangunan gong perdmaian  mengatakan, gong perdamaian di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan mempunyai cerita sejarang. Di mana dahulunya saat jaman Kerajaan Galuh tempat dilaksankanya perjanjian damai dua raja yang akan berperang.

“Dahulu saat zaman Kerajaan Galuh tempat ini merupakan tempat dilaksanakanya perdamaian dua raja yang akan berperang sehingga perangpun tidak terjadi,” katanya.

Anton menuturkan, karena Situs Bojong Galuh Karangkamulyan tersebut merupakan tempat dilaksankanya upaya perdamian maka sebagai peringatanya didirikanlah Gong Perdamaian.

“Tahun 2019 saya bersama tokoh Kabupaten Ciamis Pak Yoyo Suhaya membangun tempat Gong perdamaian ini dan sampai saat ini terus diperingati setiap tahunya,” ucapnya.

Sementara itu Rini anak dari Alamrhum Yoyo Cuhaya salahsatu pendiri Gong perdamian berharap, kepada generasi muda untuk tetap memelihara perdamaian antar sesasama.

“Jangan lupakan sejarah bangsa ini karena merupakan hasil perjuangan para pendahulu sehingga bisa merdeka seperti saat ini dan tetap jaga perdamaian jangan sampai terjadi gontok-gontokan antar sesama yang bisa merusak persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.(dab)

Baca Juga :  Disbudpora Ciamis Teliti Sususunan Batuan Diduga Candi

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: