Parlemen

Jelang New Normal, Fraksi PKB Desak Pemkab Tasik Perhatikan Pesantren

TASIKMALAYA,- Menjelang penerapan new normal, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Tasikmalaya mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya untuk meperhatikan pondok pesantren, hal ini disampaikan Ketua Frasi sekaligus Sekretaris DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya Jejeng Zainal Muttaqin,SH.I., M.SI pada Kamis, (28/05/2020).

Menurut Jejeng, di kabupaten yang dijuluki sebagai kota santri ini terdapat ribuan pesantren dan ratusan ribu santri yang wajib diperhatikan dan difasilitasi oleh Pemkab Tasikmalaya seiring akan dimulainya kembali aktifitas belajar mengajar pada bulan Syawal ini.

Ia tidak ingin pesantren menjadi cluster covid-19, sehingga menurutnya pemerintah daerah wajib memberikan perhatian khusus kepada pesantren.

“Hal ini harus segera diantisipasi, ditangani dan dicarikan solusi oleh pemerintah daerah agar pesantren tidak mengalami kegamangan. Jika dibiarkan tanpa ada perhatian dan bantuan kongkrit dari pemerintah, pesantren dengan potensi sedemikian luar biasanya bagi perkembangan bangsa, bisa menjadi problem besar,” ujarnya.

Jejeng juga menjelaskan bahwa pesantren membutuhkan bantuan sarana dan prasarana untuk memulai kembali aktifitasnya.

Kebutuhan sarana prasarana itu meliputi, pusat kesehatan pesantren (Puskestren) beserta tenaga dan alat medis. MCK standar protokol covid -19, westafel portable, penyemprotan disinfektan, APD (Alat Pelindung Diri), alat rapid test, hand sanitizer, masker, ruang karantina dan ruang isolasi mandiri.

Dan apabila diperlukan pemerintah perlu memfasilitasi rapid test dan swab test massal untuk seluruh kiai dan santri sebagai penanda dimulai kegiatan belajar di pesantren.

“Penyediaan sarana dan prasarana belajar yang sesuai standar new normal (kenormalan baru), juga harus disiapkan oleh pemda termasuk di dalamnya digitalisasi proses belajar mengajar di pesantren,” katanya.

Pihaknya berkomitmen akan terus memperjuangkan hak-hak pesantren agar secepatnya diperhatikan pemerintah daerah kabupaten Tasikmalaya.

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: