Peristiwa

Jeritan Peternak Ikan : Harga Pakan Naik dan Pemasaran Sulit

TASIKMALAYA – Coronavirus disease atau covid-19 menjadi isu strategis dunia, membuat hampir semua lingkup usaha menjadi terhambat, menghambat perekonomian, terlebih bagi pelaku usaha kecil di pedesaan, sangat merasakan dampaknya.

Warga di desa yang mayoritas pekerjaan bertani menjerit oleh pandemi ini.

Salah satunya Asep Nurjaman, satu dari sekian banyak pelaku usaha di bidang budidaya ikan sangat merasakan dampak dari pandemi ini.

” Harga pakan ikan naik, perawatannya juga perlu kerja ekstra jika cuaca memburuk dan sulitnya pemasaran” keluh Asep.

Warga Sukasenang, Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya ini berharap pemerintah juga turut hadir membantu para petani.

” Saya berharap pemerintah hadir membantu bagi para pelaku usaha, baik perikanan, pertanian dan usaha lainnya, karena kami sangat bergantung pada itu” Asep menuturkan.

Ditengah fokusnya pemerintah untuk membantu penanganan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pemerintah juga harus bisa mengatasi siklus ekonomi yang stagnan dan perlu diambil langkah konkrit.

” Iya, bagaimana memutus mata rantai penyebaran tetap terlaksana, namun hajat hidup masyarakat tetap harus aman” harapnya.

Masyarakat sangat mengharapkan jangan sampai anggaran yang ada malah dimanfaatkan untuk hal hal yang sifatnya tidak penting. Sedangkan masalah pokok dan substansial yang terkena dampak malah tak tersentuh.

“Harapan saya, kaji sektor ekonomi yang ada di setiap daerah supaya para pelaku usaha terasa terbantu . Hemat saya, ini akan beresiko terjadi pergeseran serta kesenjangan sosial karena keterbatasan keadaan”. Tutupnya.

(Mesa)

Baca Juga :  Sukaasih Desa Pertama Relawan Tanggap Covid-19

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: