Desa

Kades Sindangjaya Ajak Warganya Lawan Covid-19 Bersama-sama

TASIKMALAYA – Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan berbagai pihak, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah hingga ke tingkat paling bawah yaitu desa.

Kementerian Desa sebelumnya sudah membuat aturan-aturan khusus penanganan covid-19 ini. Dari mulai pencegahan, penyediaan ruang isolasi khusus, hingga prosedur penanganan jika ada yang terpapar.

Sebagai amanat negara untuk menjaga warganya tetap sehat dan agar tidak tertular Covid-19, desa-desa di Indonesia membentuk satuan khusus guna menjadi tameng wabah corona.

Salah satunya Desa Sindangjaya yang berada di Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Pihak desa telah membentuk tim relawan satgas khusus pencegahan Covid-19 ini.

Kepala Desa Sindangjaya, H. Asep Mulyana, yang juga ketua satgas menerangkan bahwa pihaknya selalu mengimbau warganya agar taat pada aturan yang sudah ditetapkan.

” Covid-19 ini sangat berbahaya, mari kita hindari, salahsatunya berdiam diri di rumah dan jika ada saudara kita yang baru pulang dari luar kota segera lapor ke ketua RT setempat serta mengisolasi diri di rumah selama 14 hari, dan jika memang terpaksa harus bepergian pakailah masker ” terangnya, (25/04/2020).

Pihaknya akan rutin melakuan penyemprotan disinfektan seminggu sekali ke tempat-tempat umum, seperti mesjid dan rumah warga.

Selain itu, pihak desa juga membagikan masker dan juga Handsanitizer sebagai upaya pencegahan dini tiap personal. Dan untuk tempat-tempat umum dibuatkan tempat khusus untuk cuci tangan.

” Sampai wabah ini reda, kami akan rutin melakukan kegiatan ini” kata Asep.

Warga sangat mendukung upaya bersama pemerintah desa dalam mencegah wabah ini.

” Dengan adanya program ini semoga menjadi ikhtiar agar bisa cepat memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19 apalagi yang dari kota diharap bisa mengisolasi dulu di rumah, bukan berarti kami melarang pulang, boleh pulang asal SOP-nya ditempuh” kata Iyan Bayanudin S.PD.I, yang juga tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Sukaasih Desa Pertama Relawan Tanggap Covid-19

(Mesa)

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: