Desa

Kemendes Tekankan Pengelolaan Dana Desa di Majalengka untuk Ekonomi Desa

MAJALENGKA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar berkomunikasi melalui Teleconference bersama Bupati Majalengka dan sejumlah Kepala Desa yang ada di Majelangka pada Senin (9/3) di Ruang Kendali, Kantor Kemendes PDTT.

Dalam Teleconference ini, Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri ini meminta agar dalam pengelolaan dana desa tahun 2020 di prioritaskan untuk pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan ekonomi desa.

“Untuk pembangunan infrastruktur diharapkan pembangunannya yang bisa menjadi pendukung dalam pemberdayaan masyarakat desa maupun peningkatan ekonomi seperti bangun irigasi, bangun PAUD dan lainnya,” katanya.

Dalam pembangunan infrastruktur tersebut, tambah Gus Menteri diwajibkan dilakukan secara swakelola dengan sistem padat karya tunai agar menambah kesejahteraan masyarakat desa dan pertumbuhan perekonomian didesa.

“Untuk transaksi dalam pembelian bahan-bahan kebutuhan dalam pembangunan infrastruktur dan penggajiannya diharapkan dilakukan secara non tunai,” katanya.

Gus Menteri mengapresiasi kepada Bupati dan Kades yang sedang berupaya meningkatkan perekonomian dengan membangun wisata. Pasalnya, pengembangan wisata dinilai akan tahan terdapat gejolak ekonomi.

“Ada dua hal yang tidak terdampak krisis ekonomi yakni wisata dan kuliner. kalau satu atau dua hal ini terpenuhi, saya optimis kedua hal ini akan menciptakan pertumbuhan ekonomi desa dan peningkatkan ekonomi masyarakat desa karena kedua hal inilah yang hanya mampu menahan krisis atau gejolak ekonomi,” katanya.

Sumber : Kemendes PDTT
Foto: Matin/Kemendes PDTT

Baca Juga :  Dana Desa di Kabupaten Tasikmalaya Capai 52 Miliar, Bupati Ingin Rakyat Makmur
error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: