PendidikanReligi

Kepemimpinan Ridwan Kamil Belum Serius Terhadap Pesantren

CIANJUR – Kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat dipandang belum serius terhadap pendidikan keagamaan di pesantren. Hal ini dikatakan oleh Ketua Forum Pondok Pesantren Kabupaten Cianjur.

” Padahal, pada saat kampanye dulu, ia menjanjikan banyak program untuk santri dan pesantren” katanya.

Dikatakan Ade Ismail, Ketua Forum Pondok Pesantren Kabupaten Cianjur, sampai saat ini sama sekali belum ada program Pemerintah Jawa Barat yang serius menyentuh pesantren. Padahal Ridwan Kamil & Uu adalah dua orang yang mengaku dari kalangan pesantren.

“Kalau ditanya sudahkah janjinya dipenuhi, saya jawab janjinya “nol”. Tahun kemarin sama tahun ini saja sepertinya pesantren zonk lagi bantuannya,” kata Ade. (27/05/2020)

Ade menyayangkan tidak adanya bantuan bagi pesantren pada era kepemimpinan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum.

“Kalau saya membandingkan perhatian antara gubernur terdahulu dengan gubernur sekarang, perhatian pemprov sangat jauh bedanya terhadap pesantren. Padahal Gubernur sekarang klaimnya dia orang pesantren, tau pesantren, darah pesantren,” terang Ade.

Menyoal Peraturah Daerah (Perda) Pesantren yang juga sempat dijanjikan saat kampanye, Ade sampai saat ini belum mendengar ada perkembangan. Apakah sudah ada kajian, atau bahkan sudah diajukan ke dewan. Ia berpesan jangan sampai Gubernur dan Wagub Jawa Barat mempermainkan kalangan pesantren.

“Gubernur dan wagub segera realisasikan janji-janji kampanyenya. Khususnya soal Perda Pesantren sebagai bentuk keberpihakan terhadap pondok pesantren. Makanya dalam pembuatan naskah akademiknya, ajaklah pesantren bicara karena mereka yang tahu kebutuhan, jangan sampai saya menyebutnya “gubernur pembohong” kalau itu tidak terwujud. Ntar kualat ti pesantren,” imbuh Ade.

Senada dengan Ade, Pengurus Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyya Sumedang, Jujun Juhanda membenarkan jika sampai saat ini belum terlihat ada keberpihakan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap kalangan pesantren.

Baca Juga :  Lakpesdam PBNU Gelar Bedah Buku Ulil Abshar Abdallah di Munas NU

“Dari mulai dilantik sampai hari ini pesantren kami belum sepeser pun mendapatkan bantuan, termasuk waktu terjadi musibah kebakaran asrama santri kami,” ujar Jujun yang juga pengurus Pondon Pesantren An-Nahdliyah Sumedang.

Penulis : Mesa
Sumber : Fixindonesia

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: