Inspiratif

Kios Rokok Warisan Keluarga Beromset Jutaan Rupiah Perhari

MediaDesa.id – Pedagang kaki lima sering kita jumpai di setiap pusat keramaian, baik pasar, tempat wisata maupun di emperan-emperan di kota besar, sudah hal lumrah kita temui. Di sekitar Jl. KH. Zainal Mustofa, Tasikmalaya saja ada sekitar 5-6 kios jenis seperti ini dan jika ditanya mayoritas pemiliknya berasal dari Kuningan Jawa Barat, namun ada yang menarik ketika mewawancarai pedagang kaki lima yang berada di pengkolan Jl. Empang sari.
Menurut penjaga kios yang bernama Cep Yoyon, Kios milik ini telah berdiri sejak tahun 1980-an, kepengurusanya pun turun temurun, dari mulai pemilik asli (Bapak Umar) sampai ke 4 generasi keturunannya pernah mengurus kios ini.
“Sudah lama ini mah kang, dari tahun 80-an sudah ada, malah yang ngurusnya juga udah sering gonta-ganti” ujarnya saat diwawancara wartawan mediadesa.id kamis, 24/5/2017
Kios ini buka setiap hari dari mulai pukul tujuh pagi sampai tengah malam jika dihari-hari biasa, dan pukul 4 sore sampai subuh pada bulan Ramadhan.
“Kalau hari-hari biasa saya buka jam 7 pagi dan tutup jam 12 malam, kalo Ramadhan mah jam 4 sore sampai subuh”.
Barang yang dijualnyapun beragam, dari mulai rokok, kopi, minuman segar, aneka cemilan, sampai peralatan mandi.

“Sagala wae ieu mah kang, nupenting mah pajeng, nya dipajang” jawabnya sambil tersenyum.
Menurutnya penghasilan dari kios ini cukup besar, dia memaparkan kepada kami bahwa omsetnya bisa 800rb-1,2 Juta per hari.
“Ya kalau lagi sepi sekitar 800an, kalo lagi rame bisa sampe, 1,2-1,3an lah”
Walau sering dipindah-pindah posisi oleh petugas satpol PP karena dianggap menghalangi jalan raya tapi kios ini tetap saja eksis sampai saat ini.
“Sering dipindah pindah sih, tapi tetap saja disini dha nggak mengganggu jalan ini” pungkasnya. (Budi Hartono)

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: