DesaKampus

KKNT IAIC Latih Perangkat Desa Sukamaju Jadi Paralegal

PANGANDARAN – Mahasiswa adalah agen perubahan, sepatutnya harus mampu memberikan ilmu serta pengalamannya di meja kuliah kepada masyarakat luas.

Terlebih lagi bagi mahasiswa Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Kabupaten Pangandaran. Seluruh mahasiswa dibagi untuk di tempatkan di beberapa desa yang sudah diajak kerjasama oleh kampus.

Di kelompok KKNT Desa Sukamaju, mahasiswa IAIC yang notabene mengambil jurusan hukum mendapatkan kesempatan untuk melatih para perangkat desa menjadi paralegal.

Menurut ketua kelompok, Dian M. Darda, kegiatan ini merupakan salah satu pengamalan ilmu yang sudah mereka dapat di perkuliahan.

” kami coba perkenalkan ke masyarakat luas tentang keparalegalan, terlebih yang kami latih ini perangkat desa” kata Dian.

Dian yang juga salah satu perangkat desa, di desa di Kabupaten Tasikmalaya merasakan pentingnya para perangkat desa faham hukum.


” Saya pribadi faham betul menjadi perangkat desa dan kadang kebingungan ketika dihadapkan permasalahan, makanya kami bekerja sama mengadakan pelatihan ini dengan Desa Sukamaju” terang Dian.

Dian juga menjelaskan bahwa perangkat desa harus bisa menjadi penengah/mediator di saat ada masalah, atau warga yang meminta bantuan.

” Warga sangat dekat bersentuhan dengan desa, dan tidak sedikit meminta bantuan untuk dimediasi ketika ada permasalahan, maka dari itu kami disini memaparkan tata cara menjadi mediator” ujar Dian.

Kegiatan pelatihan paralegal yang bertema ” menjadikan paralegal sebagai mediator dalam permasalahan di masyarakat” ini, dilaksanakan di Aula Desa Sukamaju Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran tanggal 23 Maret 2020, dan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari BPD, LPM, tokoh masyarakat, dan perangkat desa.

Penulis : Mesa

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: