Hukum

Komitmen Desa Jayaratu dengan LBH Ansor dalam Membangun Masyarakat Sadar Hukum

MediaDesa.idTASIKMALAYA. Di dalam merealisasikan salah satu program Desa Jayaratu Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya untuk memberdayakan masyarakat desa demi membangun struktural desa yang sadar akan hukum sampai di tataran akar rumput, membuat Kepala Desa Jayaratu Abdul Rosyad menggandeng LBH Ansor Kabupaten Tasikmalaya untuk berkomitmen dan menjalin kerjasama dalam membantu program tersebut.
Bentuk komitmen tersebut salah satunya ialah membangun upaya sadar hukum di tengah masyarakat desa, dimana pembangunan pemahaman struktural di tataran perangkat desa dan masyarakat dapat memberikan pelayanan publik secara maksimal, sebagai sarana sosialisasi program desa, pengawasan masyarakat, penerapan perdes serta keterbukaan informasi publik terkait alokasi anggaran desa dan beberapa hal yang sifatnya membangun kapasitas mayarakat khususnya di wilayah yang berkaitan dengan hukum publik.
Pengembangan hukum struktural dalam kerangka APS (Alternatif Penyelesaian Perkara) untuk upaya kesadaran kolektif di wilayah desa Jayaratu, harapannya di kemudian hari dapat membangun sebuah komitmen yang dapat mengubah paradigma berfikir dan kerangka hukum yang normatif yang berpihak kepada masyarakat desa khususnya di desa Jayaratu.
Komitmen Desa Jayaratu membangun MoU dan kerjasama dengan LBH Ansor tentu bukanlah sebatas seremonial belaka dalam mengisi program desa, tentu membawa harapan desanya di kemudian hari bisa menjadi contoh dan rujukan untuk desa-desa lain yang pada gilirannya nanti akan menjadikan Desa Jayaratu menjadi sumber akses informasi.
Menurut Abdul Rosyad Selaku kepala desa Jayaratu yang ditemui oleh salah satu Tim Media Desa Sabtu (6/9/2018) mengatakan,

“Harapan kami, di masyarakat kami tidak ada lagi yang buta hukum, dimana pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan baik oleh perangkat desa itu sendiri dan masyrakatnya yang bersifat administratif serta pelanggaran lainnya dapat dihindari. Tentu dengan terbangunnya kesadaran tersebut akan memberikan peluang kepada masyarakat untuk ikut berkontribusi di dalam mengawasi keberlangsungan pemerintah desa, baik dalam bentuk pengawasan sekaligus sebagai pelaksana perdes”, tuturnya.

Hal ini senada dengan ketua LBH Ansor Asep Abdul Ropik bahwa,

“Upaya penyadaran publik yang dibangun tentu atas dasar kemitraan desa dan LBH Ansor dalam upaya pembenahan keadilan yang terstruktur dari akar rumput di tengah masyarakat kita, dan kami tentu menyambut kerja sama ini, karena dengan begitu LBH Ansor bisa berperan aktif dan mampu bersinergi disetiap elemen masyarakat dan lini pemerintahan“. Tutupnya.

Diketahui sebelumnya, pada hari Sabtu (6/10/18) Kepala Desa Jayaratu Abdul Rosyad datang bersilaturahmi ke kantor LBH Ansor.

loading...

Dalam rangka silaturahmi tersebut, telah terjadi sebuah kesepakatan yang didasarkan atas kepentingan bersama dalam membangun masyarakat desa yang bermartabat dimulai dari pemberdayaan segenap stake holder untuk mengentaskan kebutaan hukum di tengah masyarakat, khusunya di wilayah Desa Jayaratu dan demi tercapainya ketertiban serta menjadikan masyarakat desa taat akan hukum.(Usep Ruyani)

Baca Juga  Advokat Peradi Uji Pasal Obstruction of Justice
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close