InspiratifRagam

Kopi Kejantanan Desa Mulyasari

MediaDesa.idTASIKMALAYA. Kampung Cikasungka atau juga di kenal dengan Kampung Cekos adalah sebuah Kampung yang berada di sebelah selatan Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Desa Mulyasari Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Area pertanian di Desa ini adalah sawah tadah hujan dan tanah darat, sehingga produksi pertanian pesawahan tidak dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Cekos.

Dengan kondisi alam yang seperti itu, Masyarakat di desa ini mayoritas adalah petani palawija seperti buah-buahan dan tanaman lain yang memiliki nilai jual yang tinggi seperti, Durian, Manggis, dan cengkeh.
Sebut saja Feri Itong adalah warga Cekos yang berasal dari Kota Tasikmalaya adalah seorang yang tengah mengembangkan budi daya Kopi robusta dan arabika di Desa ini. Selama kurang lebih 3 tahun ini Feri telah berhasil mengembangkan budi daya hingga memasarkan kopi ini ke berbagai daerah di Indonesia.
“Dari jenisnya kopi disini ada yang disebut dengan Kopi lanang dan kopi biasa, kopi layang berkhasiat untuk kejantanan, tidak percaya silahkan dicoba” ujar feri sambil memperlihatkan perbedaan jenis kopi lanang saat diwawancara oleh mediadesa.id
Harga kopi Cekos cukup bervariatif dari mulai Rp. 20.000.00/kilo sampai Rp. 300.000,-/kilo tergantung kualitas kopinya.

Dengan menyesuaikan kontur tanah, jumlah PH, dan ketinggian lokasi di daerah ini sangat cocok sekali untuk budidaya kopi Robusta, hal ini jelas akan membedakan kualitas kopi Cekos dengan kopi yang lain, pungkas Feri. Untuk itu bertekad ingin terus meningkatkan kualitas dan produksi kopi ini, harapan kami kedepan para petani kopi di Kampung ini mendapatkan dukungan dari pihak Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, ujar Feri. (Andi Ibnu Hadi)

Baca Juga  Di HUT RI ke-74, KOMIT Taraju Adakan Tracking Fun And Nature Education
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close