InovasiTeknologi

Kotoran Sapi Disulap Jadi Barang yang Bernilai Tinggi

Kotoran sapi bisa dimanfaatkan kembali dan diolah menjadi produk yang bermanfaat daripada hanya ditumpuk dan malah menjadi biang penyakit bagi ternak. Kotoran yang tidak diolah dengan baik akan menimbulkan aroma tidak sedap. Selain dapat mengurangi limbah, mengolah kotoran bisa menjadi pemasukan tambahan bagi para peternak.

Berikut ini beberapa produk yang memiliki nilai jual dan bisa dihasilkan dari kotoran sapi.

Pupuk kandang dan kompos

Ada dua jenis pupuk yang sering digunakan oleh para petani, yaitu pupuk organik yang terbuat dari bahan kimia dan pupuk organik berupa kompos. Kompos dapat terbuat dari sampah organik, dedaunan, kotoran ternak, atau dikombinasikan seluruh bahan tersebut, Kotoran sapi merupakan bahan pokok kompos yang paling sering digunakan. Hal ini dikarenakan ketersediaan kotoran yang sangat banyak sehingga memudahkan para pembuat kompos.

Bagian yang biasanya digunakan untuk kompos adalah kotoran, urine, dan sisa-sisa pakan yang diendapkan pada suatu tempat selama beberapa waktu. Kompos ini sangat berguna untuk memperbaiki struktur tanah dan menyediakan unsur hara tanah. Penggunaan pupuk kandang bisa dilakukan secara murni atau dikombinasikan dengan pupuk anorganik untuk meningkatkan produktivitas tanaman.

Penggunaan pupuk kandang dalam jangka waktu yang lama dapat memperbaiki struktur tanah serta meningkatkan aeraasi tanah. Sementara, penggunaan pupuk anorganik malah dapat membuat tanah menjadi sakit dan kehilangan keseimbangan sifat fisik dan kimia tanah. Penggunaan pupuk kandang tak hanya meningkatkan kesuburan tanah dan melestarikan lingkungan, penggunaan kompos juga bisa meningkatkan kualitas dan nilai dari kotoran yang sering dianggap limbah.

Biogas

Biogas merupakan sumber bahan bakar yang sangat berpotensi untuk menggantikan peran minyak tanah yang sudah langka. Biogas sering digunakan oleh masyarakat untuk kegiatan memasak sehari-hari. Bahkan, biogas yang dikelola lebih serius bisa digunakan sebagai sumber listrik. Biogas umumnya dapat dibuat dari limbah peternakan seperti kotoran sapi.

Baca Juga :  Akses Ke Kota Jauh Desa Malasari Bangun 4 Posyandu

Dengan pembuatan kotoran menjadi biogas dapat menaikkan nilai ekonomi dan akan sangat mengurangi biaya rumah tangga. Pembuatan biogas sangat berpotensi untuk dikembangkan pada daerah-daerah yang banyak melakukan usaha penggemukan sapi. Teknik pembuatannya pun sangat sederhana. Penggunaan biogas akan banyak mendatangkan manfaat seperti pelestarian lingkungan dengan memanfaatkan bahan alami nonminyak sebagai bahan bakar.

Sumber : pertanianku

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: