Peristiwa

KPU Kab. Tasik Adakan Diskusi Tata Kelola Pilkada

TASIKMALAYA – KPU Kabupaten Tasikmalaya menggelar Diskusi Tata Kelola Pilkada bersama 2 mantan Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya H. Deden Nurul Hidayat, ST., MM dan H. Dadan Bardan, M.Ag di Rumah Pintar Pemilu pada Senin (13/01/2020).

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya mengatakan bahwa kegiatan Diskusi Tata Kelola Pilkada ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh stap dan sekretariat KPU Kabupaten Tasikmalaya dalam menghadapi perhelatan Pilkada 2020.

loading...

“Dan untuk kepentingan itu pada kesempatan ini kami pengundang para mantan Ketua KPU yaitu H. Dadan Bardan, M.Ag, Ketua KPU Priode 2003-2008, kemudian H. Deden Nurul Hidayat, ST., MM Ketua KPU dua priode dari 2008-2013 dan 2013-2018 itu untuk bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana sebuah perhelatan besar yaitu Pilkada di Kabupaten Tasikmalaya yang selama ini dinilai publik bahwa setiap perhelatan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya yang dikelola oleh kedua orang tersebut selalu sukses tanpa ekses, berjalan aman dan damai” ujarnya menerangkan.

Menurutnya pengalaman para mantan Ketua KPU ini merupakan suatu hal yang berharga bagi KPU Kabupaten Tasikmalaya, KPU Kabupaten Tasikmalaya ingin mencontoh hal-hal baik yang telah ditorehkan para mantan Ketua KPU untuk Kabupaten Tasikmalaya ini.

“Dan yang ke-2 tentu saja dalam rangka menjaga silaturahmi dengan para ketua KPU yang pada priodenya merupakan keluarga besar dari KPU Kabupaten Tasikmalaya. Dan selanjutnya tentu saja harapan kami karena yang kami undang ini bukan orang biasa, tetapi tokoh masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya, tentu saja beliau-beliau mendorong kami demi kesuksesan dari sebuah pelaksanaan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya khususnya tahun 2020” pungkasnya.

H. Deden Nurul Hidayat, ST., MM mengatakan bahwa dirinya diundang dalam rangka berbagi pengalaman terkait tata kelola mengurusi Pilkada 2020.

Baca Juga :  Meski Dinyatakan Organisasi Terlarang, Pemkot Tasik Kucurkan Dana Hibah Untuk HTI

“Jadi saya dan pak haji Dadan diberi kehormatan diundang oleh ketua KPU dalam rangka konsolidasi dan koordinasi seluruh keluarga besar KPU terutama silaturahim, yang kedua berbagi pengalaman bagaimana tata kelola mengurusi Pilkada 2020 nanti, agar Pilkada 2020 yang akan datang itu betul-betul berkualitas dan hasilnya itu betul-betul diterima oleh masyarakat” ujarnya saat dimintai keterangan.

Dalam kesempatan tersebut dirinya memberikan masukan terkait beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi Pilkada 2020.

“Kami tentunya memberikan kiat-kiat atau masukan-masukan terkait hal-hal apa saja yang krusial yang perlu dipersiapkan oleh KPU dalam menghadapi seluruh rangkaian tahapan Pilkada supaya tepat waktu, dan juga pelaksanaannya nanti tidak ada hambatan, dan bagaimana membangun pola komunikasi dengan para pemangku kepentingan” terangnya menambahkan.

Menurutnya Pilkada sangat berbeda dengan Pileg dan Pilpres sehingga diperlukan diskusi yang mendalam untuk memahami setiap permasalahan, untuk itu dirinya berharap kegiatan Diskusi Tata Kelola Pilkada ini bisa dilaksanakan secara rutin.

“Alhamdulillah dari sering pengalaman itu seluruh keluarga KPU juga antusias, ini merupakan sebuah penghargaan bagi kami, saya berharap pertemuan seperti ini bukan kali ini saja, saya berharap juga pertemuan seperti ini bisa berjalan continue baik langsung atau tidak langsung berkomunikasi, karena membangun Pilkada saya pikir tingkat resistensi lebih berat dari pada Pileg dan Pilpres” ujarnya.

Terkait kekurangan anggaran dirinya memberi masukan agar KPU Kabupaten Tasikmalaya berkomunikasi dengan Bupati dan Sekda Kabupaten Tasikmalaya agar dicarikan solusi supaya betul-betul terpenuhi.

“Insya Allah kita juga sama-sama membantu mengkomunikasikan hal tersebut kepada Pemerintah Daerah” pungkasnya.

Enrawati, S.Pd salahsatu Stap Tenaga Pendukung KPU Kabupaten Tasikmalaya mengatakan bahwa, kegiatan Diskusi Tata Kelola Pilkada ini sangat bermanfaat. Menurutnya kegiatan ini selain memberikan wawasan dan pengetahuan terkait tata kelola pilkada yang berkualitas, para narasumber juga memberikan wejangan-wejangan serta motivasi kepada seluruh keluarga besar KPU agar dapat bekerja secara optimal dan selalu menjaga komunikasi serta hubungan baik dengan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada khususnya di internal KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga :  Mahasiswa Tabrak Warung dan Rumah Warga Cihaurbeuti

“Kegiatan ini penting dilakukan sebagai wahana pembelajaran sekaligus laboratorium demokrasi khusunya bagi kami para tenaga pendukung” pungkas Enrawati.

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close